5+ Cara Memperbaiki Motor Boros Bensin dan Penyebabnya

Advertisements

– Memiliki sebuah motor memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Motor adalah alah satu alat transportasi modern yang sangat fleksibel dan bisa dibawa blusukan kemana-mana, ini tentunya tegantung jenis motor. Namun, bagaimana jika motor kesayangan Idotom sangat boros bensin? Tentu ini bukan masalah yang bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi, maka hal tersebut akan terus-menerus isi kantong Idotom. Dan pada Akhirnya kere deh! Gak mau ini terjadi, bukan?

Nah, untuk mengatasi motor yang boros bensin ini sebenarnya cukup mudah. Idotom hanya perlu mengetahui tersebut, kemudian memperbaikinya. Banyak sekali penyebab boros bensin pada motor ini, idotom harus menelitinya sedetail mungkin dan temukan permasalahannya. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai bensin yang perlu Idotom terapkan.

Cara Memperbaiki Motor Boros Bensin dan Penyebabnya

yang akan Redaksi IdOtomotif.com ini cukup mudah untuk diterapkan. Meskipun demikian cara-cara tersebut sangat ampuh dan bisa menghemat pembakaran bahan bakar pada motor kesayangan Idotom.

1. Kapasitas CC motor yang besar

Penyebab motor boros bensin yang pertama adalah karena kapasitas mesin motor yang terlalu besar. CC motor yang besar memang akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar saat digunakan. Ini biasanya memang setelan dari pabrik atau dikarenakan pemodifan. Namun, untuk motor generasi sekarang sudah distel sedemikian rupa sehingga sangat irit bahan bakar. Untuk itu, jangan sekali-kali menyetel ulang kapasitas mesinnya untuk mendapatkan performa yang lebih ngebut, kalau tidak mau motor kesayangan idotom boros bensin.

Advertisements

2. Penyetelan ECU yang salah

Motor injeksi menjadi salah satu jenis motor yang paling banyak diminati saat ini, dan jenis ini juga cukup mendominasi penggunaan kendaraan bermotor di masyarakat kita. Motor yang menggunakan teknologi injeksi ini memanfaatkan ECU sebagai penyetting jumlah keluaran bahan bakar dan udara yang akan dicampurkan. Untuk penyettingannya sendiri melalui komputer dengan memasukkan variabel yang sesuai. Nah, saat memasukkan variabel yang salah, maka hal tersebutlah yang memungkinkan motor akan boros bensin. Jika memang demikian, solusinya adalah Idotom harus membawa motor injeksi Idotom ke bengkel resmi kepercayaan.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam dan Penyebabnya

3. Kesalahan saat penyetelan sistem karburator

Penyebab motor boros bensin yang selanjutnya adalah penyettingan sistem karburator yang kurang tepat. Karburator memang menjadi salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi sebagai penggabung bahan bakar dan udara menjadi uap yang kemudian dibakar pad ruang pembakaran. Nah, jika memang Idotom menemukan penyetelan karburator yang kurang tepat, maka hal tersebut akan menurunkan performa motor dan menjadikannya lebih banyak menggunakan bahan bakar. Namun, hal ini hanya berlaku untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator.

4. Penggunaan knalpot racing

Bagi Idotom yang suka racing atau balpan, pasti saja sering memodif motor kesayangan. Dan salah satu yang diganti biasanya dibagian knalpot. Penggunaan knalpot racing atau knalpot free flow ini diyakini menjadi salah satu penyebab motor boros bensin. Penggunaan knalpot free flow atau knalpot racing sendiri berhasil meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 10% dari yang biasanya. Meskipun demikian, hal tersebut tak akan membuat performa motor meningkat secara signifikan, bahkan cenderung menurun jika memang motor Idotom masih dalam setelan normal. [BacaMotor Matic Paling Irit BBM 2017]

5. Ban kempes atau tekanannya rendah

Mungkin terdengar sepele, namun hal tersebut benar adanya. Hal ini karena ban yang tekanan udaranya rendah atau kempes akan mambuat kinerja mesin menjadi lebih keras dan ekstra lagi. Seiringan dengan kondisi tersebut, penggunaan bahan bakar untuk mengangkat kinerja mesin yang berat akan semakin banyak, sehingga yang demikian tersebut membuat boros bahan bakar. Untuk itu, cek selalu kondisi ban motor kesayangan Idotom dan pastikan selalu dalam keadaan baik.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

6. Cengkraman rem terlalu kuat

Selain ban, komponen motor yakni rem, baik itu rem cakram atau rem tromol juga bisa menjadi penyebab motor boros bensin. Rem yang terlalu kuat akan memperlambat putaran ban motor. Gas akan terbuka terlalu besar dan membuat banyak bahan bakar atau bensin yang masuk terlalu banyak.

Cengkraman rem yang terlalu kuat juga akan membuat tenaga yang tersalurkan tidak terlalu sempurna. Dan yang demikian tersebut juga berpotensi meninggalkan kerak.

Advertisements

7. Menumpuknya kerak karbon pada ruang pembakaran

Kerak karbon sendiri merupakan sisa-sisa hasil pembakaran pada motor. Kerak yang menumpuk terlalu banyak maka akan memberatkan kinerja mesin dan juga performanya. Serta juga hal tersebut membuat motor akan boros bensin. Kerak karbon yang menumpuk bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang berkualitas buruk dan juga tak sesuai dengan spesifikasi motor Idotom.

Untuk cara memperbaiki motor boros bensin karena kerak karbon menumpuk ini adalah dengan membersihkannya. Biasanya pada bagian ruang pembakaran, head dan piston motor menggunakan pertamax atau carb cleaner. Dilakukan setiap melakukan service rutin.

Selain itu, bisa juga diatasi dengan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor Idotom. Gunakan bahan bakar pertamax atau yang beroktan 92 lainnya untuk merontokkan sisa-sisa kerak karbon yang ada.

8. Beban yang dibawa diatas kapasitas

Beban yang dibawa oleh motor juga sangat berpotensi menyebabkan motor boros bensin. Setiap jenis motor memiliki kapasitas bebannya sendiri. Apabila kapasitas beban yang dibawa melebihi kapasitas, maka hal tersebut akan menjadikan bahan bakar yang dikonsumsi lebih besar. [Baca : Motor Matic 150cc Paling Irit 2017]

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya

Untuk cara mengatasi motor boros bensin karena kelebihan beban ini adalah Idotom harus lebih bijak lagi dalam menggunakan motor. Gunakan motor hanya untuk membonceng orang saja, bukan benda mati yang berat. Selain itu, memboceng orang tidak lebih dari satu. Dan juga sering-sering mengecek ban motor, shockbreaker dan komponen lainnya yang bertugas menahan beban.

Dengan mengetahui penyebab dan cara memperbaiki motor boros bensin diatas, kini Idotom bisa lebih mengehemat bahan bakar yang digunakannya. Tentunya hal tersebut tak akan lagi menguras isi kantong Idotom karena sering isi bensin.

Advertisements
5+ Cara Memperbaiki Motor Boros Bensin dan Penyebabnya | Idot | 4.5