Bahan Bakar MotoGP Pake Apa? Ini Jawaban Beserta Informasinya

Advertisements

Bahan Bakar MotoGP – Berbicara mengenai balapan motor, yang paling seru dan banyak peminatnya adalah ajang MotoGP. Balap motor menjadi yang paling banyak diminati dikarenakan menyuguhkan aksi yang sangat spektakuler sekaligus menengangkan. Tak heran saat terjadi adu skill dalam balapan, banyak penonton yang akhirnya bersorak ria.

Aksi balapan yang sangat memukau ini juga difaktorkan oleh pembalap yang memiliki kemampuan tinggi dan hebat. Motor yang dipacu dengan kecepatan tinggi, dengan disertai aksi saling salip tentu membutuhkan skill pembalap yang cukup handal. Selain faktor dari pembalap, kualitas motor juga menjadi faktor utama yang tak kalah pentingnya.

Kualitas motor dalam ajang MotoGP berbeda dengan motor pada biasanya. Ini karena motor yang digunakan dibuat dengan sangat teliti dan berhati-hati. Disamping itu, pembuatannya juga cukup menyita waktu yang cukup lama. Bahan material yang digunakan juga tak main-main, sehingga tak heran untuk satu motor saja bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta.

Selain hal itu semua, ada satu lagi hal penting yang menjadi faktor lebih maksimalnya kualitas motor yakni bahan bakar MotoGP. Berbeda dengan motor konvensional pada umumnya, bahan bakar MotoGP dibuat khusus dan memiliki nilai oktan yang sangat tinggi. Lantas, apakah bahan bakar MotoGP yang digunakan tersebut?

Advertisements

Bahan Bakar MotoGP

Inilah Ternyata Bahan Bakar MotoGP yang Biasa Digunakan

Berbicara mengenai bahan bakar MotoGP, memang banyak yang masih belum tahu dan bertanya-tanya hingga saat ini. Sebenarnya ada merek bahan bakar untuk MotoGP yang ada saat ini. Setidaknya ada 3 merek bahan bakar MotoGP yang digunakan oleh pabrikan motor ternama, diantaranya :

  • Bahan bakar Elf
  • Bahan bakar Shell
  • Bahan bakar Repsol
  • Dll.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kelemahan Honda CBR250R Millenium Red

Masih ada beberapa merek bahan bakar mesin MotoGP yang digunakan oleh pabrikan. Dari ketiga merek bahan bakar MotoGP diatas, dua diantaranya digunakan oleh pabrikan ternama, yakni Shell digunakan oleh motor Ducati dan Repsol digunakan oleh motor Honda.

Meskipun terdiri banyak merek untuk bahan bakar MotoGP, tetapi demikian pada dasarnya ada kesamaan dari beberapa merek tersebut. Kesamaannya tersebut ada pada nilai oktan bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan untuk MotoGP ini memiliki nilai oktan tertinggi, yakni dengan nilai 100. Bahan bakar dengan nilai oktan tertinggi ini akan membuat tenaga yang dihasilkan oleh motor menjadi sangat sempurna. Selain itu, pembakarannya pun juga lebih maksimal lagi sehingga motor bisa lebih nyaman saat dipacu dilintasan.

Beralih dari hal itu semua, apakah Idotom sudah tahu berapa konsumsi bahan bakar motor MotoGP?

Sebelum mengetahui berapa konsumsi bahan bakar motor MotoGP, perlu Idotom ketahui terlebih dahulu kapasitas dari full tangki motor MotoGP. Dimana, kapasitas fullnya sebesar 22 liter. Dengan mesin 1000cc motor yang digunakan pada MotoGP mampu menghasilkan power maksimal hingga 260 Hp. Dan untuk kapasitas bahan bakar 22 liter bisa menempuh jarak hingga 110 -120 km.

Namun, konsumsi bahan bakar tersebut bisa saja lebih cepat atau lebih hemat tergntung pembalap dalam mengendarai motor. Misalnya saja untuk lintasan dengan trek lurus, dimana pembalap akan memacu motornya lebih cepat dan butuh akselerasi tinggi. Hal ini nantinya akan lebih banyak menguras bahan bakar. Selain itu, berat badan pembalap, mapping engine, Aerodinamika, dan juga spin roda yang sering keluar tikungan saat akselerasi juga menjadi faktor lain dalam hal memperboros bahan bakar. Karena itulah, butuh perhitungan yang tepat bagi tim MotoGP untuk bisa menjalankan balapan dengan baik dan menjadi juara.

Advertisements

Demikian tadi informasi mengenai bahan bakar MotoGP yang digunakan dan jumlah konsumsi bahan bakar yang digunakan bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Baca Juga :  Motor Matic 150cc Paling Irit 2018

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements
Bahan Bakar MotoGP Pake Apa? Ini Jawaban Beserta Informasinya | Idot | 4.5