Cara Balik Nama Motor : Prosedur dan Syarat Balik Nama Motor

Advertisements

Cara Balik Nama Motor – ketika membeli sebuah motor yang berlabel bekas, tentu yang petama kali harus Idotom lakukan adalah melakukan balik nama motor, yang meliputi balik nama STNK dan balik nama BPKB. Serangkaian ini harus dilakukan dengan tujuan mengganti atau menyalin nama pemilik motor sebelumnya dengan nama dan identitas pribadi Idotom. Dengan demikian kini identitas motor tersebut sudah atas nama Idotom sendiri.

Namun, tak bisa dipungkiri memang masih cukup banyak orang yang belum tahu cara balik nama motor ini. Padahal hal tersebut sangat penting untuk dilakukan dan sangat krusial sekali. Jika memang tidak dilakukan balik nama motor, maka saat akan melakukan perpanjangan nanti Idotom harus meminjam KTP si pemilik motor sebelumnya. Kalu hanya tetangga sih tidak terlalu repot, tapi apa jadinya jika Idotom membeli motor tersebut dari orang yang jauh lokasinya. Pasti sangat menyusahkan sekali.

Nah, atas dasar inilah tim Redaksi IdOtomotif.com akan memberikan informasi penting untuk Idotom yakni cara balik nama motor dan perkiraan biaya balik nama motor tersebut. Disini akan dijelaskan secara lengkap mengenai prosedur dan syarat balik nama motor yang perlu Idotom lakukan.

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor : Prosedur dan Syarat Balik Nama Motor

Prosedur dan Syarat Balik Nama STNK

Untuk cara balik nama motor yang perlu dilakukan pertama kali adalah pada STNK-nya. Disini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi berupa dokumen-dokumen penting yang perlu dipersiapkan, antara lain :

Advertisements
  • Fotocopy STNK dan STNK Asli
  • Fotocopy KTP pemilik baru dan KTP aslinya
  • Fotocopy BPKB dan BPKB asli
  • Kwitansi transaksi pembelian motor, ditIdotomtangani diatas materai.

Setelah beberapa syarat diatas sudah terpenuhi, langkah berikutnya dalam cara balik nama motor ini adalah melakukan serangkaian prosedurnya. Berikut beberapa langkah atau prosedur balik nama motor dengan STNK selengkapnya.

1. Datang langsung ke Samsat daerah

Langkah pertama untuk cara balik nama STNK motor ini adalah dengan langsung ke kantor Samsat di daerah Idotom. Jangan lupa membawa beberapa persyaratan yang sudah kami sebutkan diatas. Untuk berkas fotocopy bisa disatukan dengan cara distaples. Sementara untuk berkas asli dan kwitansi transaksi bisa dipisahkan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Harga Truk Bekas Murah di Bawah 100 Juta Terbaru

2. Melakukan serangkaian tes fisik

Selanjutnya adalah dengan melakukan serangkaian tes fisik pada motor yang ingin dibalik nama. Pergilah ke tempat cek fisik untuk nantinya petugas akan memeriksa kelayakan motor Idotom. Disini petugas akan memberikan lembaran yang berisikan hasil cek fisik kendaraan. Lembaran ini nantinya disatukan dengan berkas yang sudah Idotom siapkan tadi untuk diserahkan ke loket pengesahan cek fisik khusus balik nama. Disini juga sekaligus nanti melakukan pembayaran biaya untuk cek fisik.

Selanjutnya berkas tadi akan kembalikan kepada Idotom setelah divalidasi. Hasil dari cek fisik tersebut difotocopy dan disatukan dengan kwitansi pembelian motor yang juga fotocopy-annya. Ini nantinya akan digunakan untuk proses balik nama BPKB yang dilakukan di POLDA setela proses balik nama STNK selesai.

3. Melakukan pendaftaran balik nama

Langkah berikutnya untuk cara balik nama STNK adalah dengan melakukan pendaftaran balik nama. Datang langsung ke loket pendaftaran balik nama yang biasanya ada didalam gedung Samsat. Bawalah berkas-berkas penting, seperti STNK asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy, KTP asli dan fotocopy, hasil cek fisik yang sudah divalidasi, dan juga kwitansi pembelian motor. Tunjukkan saja beberapa berkas tersebut kepada petugas balik nama motor. Disini petugas akan memberikan Idotom formulir untuk nantinya diisi oleh Idotom sendiri. Setelah diisi lengkap, berikan kembali kepada petugas. Tunggulah hingga giliran Idotom dipanggil.

Setelah dipanggil, nantinya akan diberikan surat tIdotom terima beserta BPKB dan KTP asli. Disini Idotom juga akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran balik nama. Tahapan balik nama sudah selesai, Idotom tinggal menunggu panggilan untuk kembali lagi ke Samsat. Biasanya penungguan ini berlangsung selama 2-5 hari.

Advertisements

4. Mengambil notice dan membayar pajak

Saat hari panggilan yang ditentukan sudah tiba, datang kembali ke Samsat dengan membawa tIdotom terima dan BPKB asli sebagai bukti. Pada tahap ini, datang langsung ke loket pendaftaran balik nama dan serahkan tIdotom terima dan BPKB asli jika memang diminta. Serahkan juga beberapa berkas lainnya, seperti fotocopy hasil cek fisik dan fotocopy keitansi pembelian motor untuk nanti disatukan dengan berkas lainnya dan dijadikan arsip. Disini nantinya juga Idotom akan diberikan notice pajak yang berisi perincian dan jumlah biaya pajak yang harus dibayarkan. Dan langkah selanjutnya adalah melakukan dpembayaran di loket pembayaran.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kelemahan Honda CBR250R Millenium Red

5. Mengambil STNK baru

Setelah pajak dibayar, nanti Idotom akan dikembali disuruh menunggu hingga panggilan untuk pengambilan STNK yang sudah dibalik nama dari pihak Samsat. Datang ke Samsat jika memang sudah mendapat pemeberitahuan dan ambil STNK barunya. Sekarang STNK dengan atas nama Idotom sudah didapatkan.

Setelah serangkaian balik nama STNK diatas sudah dilakukan, langkah dalam cara balik nama motor selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah balik nama BPKB. Untuk langkah balik nama BPKB, silahkan simak dibawah ini.

Prosedur dan Syarat Balik Nama BPKB

Ada beberapa dokumen atau berkas penting yang perlu Idotom bawa. Beberapa berkas tersebut antara lain :

  • Fotocopy STNK yang sudah dibalik nama
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy BPKB dan BPKB asli
  • Fotocopy hasil cek fisik
  • Fotocopy keitansi transaksi pembelian motor

Setelah beberapa berkas diatas sudah disiapkan dan lengkap, berikutnya adalah menerapkan beberapa prosedur balik nama BPKB seperti berikut ini :

1. Datang langsung ke POLDA

Langkah pertam dalam cara balik nama BPKB ini adalah dengan datang langsung ke POLDA didaerah Idotom. Jangan lupa untuk membawa beberapa berkas penting yang sudah kami sebutkan diatas.

2. Melakukan pembayaran ke loket Bank

Saat pertama datang ke Polda, oleh petugas pemeriksa kelengkapan berkas,untuk Idotom akan diberikan nomor antrean dan juga formulir untuk balik nama BPKB. Saat diperiksa dan berkas yang Idotom berikan dinyatakan lengkap, maka petugas akan memberikan tIdotom pembayaran ke Bank. Lakukan pembayaran sesuai besaran yang sudah ditentukan pada surat. Setelah dilakukannya pembayaran, selanjutnya Idotom akan diberikan salinan slip bukti setoran dan stiker khusus untuk nantinya akan ditempelkan pada formulir pendaftaran.

Baca Juga :  Daftar Sepeda Listrik Murah Hanya 2 Juta Rupiah

3. Mengisi formulir pendaftaran

Langkah berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran yang sudah diberikan oleh petugas tadi dan tempelkan juga stiker khususnya.

4. Menyerahkan formulir pendaftaran dan juga berkas persyaratan

Setelah semuanya selesai, idotom sekarang tinggal menunggu panggilan sesuai nomor urut antrean yang Idotom terima diawaktu awal prosedur tadi. Setelah dipanggil, serahkan formulir dan berkas persyaratan kepada petugas. Setelah itu, petugas nantinya akan memberikan tIdotom terima yang dibuat sebagai tIdotom bukti bahwa BPKB atas nama Idotom sudah didaftarkan. Pada tIdotom terima tersebut juga tercantum tanggal kapan nantinya BPKB yang sedang di proses akan selesai dan Idotom harus mengambilnya.

5. Mengambik BPKb baru

Setelah hari yang sudah ditentukan sudah tiba, kini selanjutnya adalah datang kembali ke POLDA untuk mengambil BPKB yang sudah selesai dibalik nama. Jangan lupa untuk membawa tIdotom terima serta KTP asli sebagai bukti bahwa BPKB tersebut memang milik Idotom.

Selesai sudah proses balik nama motor dan sekarang identitas motor akan menjadi atas nama Idotom pribadi. Cukup mudah bukan cara balik nama motor ini? Yang terpenting disini adalah idotom harus mematuhi setiap prosesnya dan lebih sabar untuk menanti proses hingga selesai.

Oh ya, untuk biaya keseluruhan dari proses balik nama STNK, pajak, hingga balik nama BPKB ini adalah sebesar Rp 1 jutaan. Jadi siapkan budgetnya, jangan sampai nanti bingung karena kekurangan dana. Beda lagi jika Idotom melakukan balik nama melalui calo, biayanya akan melebihi dari perkiraan diatas.

Advertisements
Cara Balik Nama Motor : Prosedur dan Syarat Balik Nama Motor | Idot | 4.5