Cara Kerja Rem Cakram Pada Motor dan Mobil

Advertisements

– Cara kerja rem cakram sebaiknya diketahui oleh semua pengguna kendaraan bermotor karena rem merupakan komponen yang sangat penting untuk keselamatan ketika mengendarai kendaraan bermotor. Rem cakram berperan untuk mengurangi kecepatan kendaraan ketika digunakan.

Sebelum mengetahui cara kerja rem cakram, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dulu apa itu rem cakram. Rem cakram merupakan sistem pengereman yang mengurangi dan menghentikan putaran sebuah piringan dengan menggunakan metode jepit yang terletak pada roda kendaraan. Sistem rem cakram banyak dipilih karena dinilai lebih responsif dan sederhana. Hal ini terjadi karena luas penampang rem yang dimiliki kecil tapi arah gaya geseknya saling menekan sehingga sistem pengereman menjadi lebih mudah dan efektif.

Cara Kerja Rem Cakram

Cara Kerja Rem Cakram

Cara kerja rem cakram memiliki prinsip yang sangat sederhana, yaitu prinsip perubahan energi gerak ke energi panas dan perubahan energi ini dilakukan dengan menggesek bidang yang berputar dengan bidang yang diam. Hasil perubahan energi itulah yang mengubah energi gerak menjadi energi panas.

Cara Kerja Rem Cakram Mobil dan Motor

Terdapat berbagai macam sistem yang digunakan dalam penggerak rem, seperti sistem rem mekanis yang menggunakan kawat kabel, sistem rem hidrolik yang menggunakan fluida, dan sistem rem angin yang menggunakan tekanan udara. Namun pada kendaraan bermotor seperti mobil penumpang atau motor biasanya menggunakan sistem kontrol hidrolis.

Advertisements

Cara kerja rem cakram mobil saat pedal rem diinjak maka tekanan hidrolis akan muncul dari master silinder dan tekanan tersebut akan diteruskan ke aktuator rem yaitu caliper rem. Pada caliper rem ini tekanan hidrolis akan digunakan untuk mengerakkan piston di dalam caliper. Gerakan piston yang ada di dalam inilah yang akan mendorong dua buah kampas rem untuk bergerak menjepit rotor yang sedang berputar. Dengan begini hasil rotor akan berhenti berputar karena putaran tersebut akan terhambat oleh kampas rem yang menjepit rotor tersebut.

Baca Juga :  Harga Truk Bekas Murah di Bawah 100 Juta Terbaru

Sedangkan saat pedal rem dilepas maka tekanan hidrolis yang sebelumnya terdapat di dalam sistem rem menjadi hilang dan hal ini akan membuat kampas rem daya dorongnya akan hilang karena daya dorong pada kampas rem berasal dari kekuatan injakan kaki pada pedal rem yang hasilnya rotor bisa bebas dan kembali berputar.

Mobil

Sebelum mengenal komponen rem cakram mobil, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dulu jika sistem dari rem cakram mobil atau disc brake mobil terdiri dari bagian-bagian utama yaitu cakram atau rotor disc, disc pad atau brake pad, dan caliper. Brake pad atau disc pad sering dikenal dengan nama kampas rem. Kampas rem ini terbuat dari campuran metalic fiber dan serbuk besi yang disebut juga sebagai semi metalic disc pad. Pada brake pad terdapat celah yang berguna untuk menunjukkan batas ketebalan pada kit yang diijinkan dan juga berfungsi untuk pembuangan serbuk kampas rem.

Jika diperhatikan, Idotom pasti tahu terdapat plat besi pada kampas rem mobil. Plat besi ini berada di bagian belakang kampas rem mobil atau pada anti squel shim yang berfungsi untuk mencegah bunyi menderit ketika melakukan pengereman.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya jika rem cakram banyak dipilih untuk menjaga keamanan ketika berkendara. Alasan memilih rem cakram selain karena efektif juga terdapat keuntungan rem cakram yang lain, diantaranya:

Baca Juga :  Kelebihan dan Kelemahan Honda CBR250R Millenium Red

1. Adanya sistem yang baik pada pelepasan panas atau pembuangan panasnya.

Advertisements

2. Rem cakram bisa cepat kering ketika ada bagian-bagian rem yang terkena air.

3. Konstruksi sistem yang terdapat pada rem lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

4. Tidak perlu ribet karena rem cakram pada mobil cara merawatnya lebih mudah.

Tidak hanya fungsinya sebagai alat pengaman agar pengendara atau semua orang yang sedang menggunakan mobil menjadi lebih aman, cara kerja rem cakram juga sangat bermanfaat ketika dalam kondisi berkendara di tempat yang menurun atau menanjak.

Selain untuk mobil, fungsi dari rem cakram juga berlaku untuk motor. Jadi bukan hal yang mengherankan jika cara kerja rem cakram juga dimanfaatkan untuk motor.

Itulah sedikit ulasan tentang cara kerja rem cakram pada motor dan mobil. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Bermotor dengan Mudah
Advertisements
Cara Kerja Rem Cakram Pada Motor dan Mobil | Kukuh Hilmawan | 4.5