9 Cara Melepas Stiker Motor dengan Cepat Tanpa Bekas

Cara melepas stiker motor – Setiap orang pastinya memiliki selera yang berbeda-beda, termasuk juga selera dalam memilih model motor. Misalnya saja ada yang suka menghiasi motornya dengan stiker atau striping, namun ada juga yang lebih suka tampilan motor yang polos. Pendapat yang pertama, motor dengan lapisan stiker atau striping akan terlihat lebih futuristik dan keren. Dan pendapat lainnya, motor yang polos tampilannya lebih elegan dan tampak premium.

Dan faktanya, motor keluaran baru sekarang ini kebanyakan mengusung tampilan polos. Sebut saja NMAX, Scoopy, Honda Vario 150 dan masih banyak lagi. Dengan tampilan bodi polos motor tersebut tampak sangat elegan dan berkelas. Buktinya cukup banyak yang suka dengan tampilan baru seperti ini.

Apakah sekarang Idotom berpikir untuk melepas stiker pada motor kesayangan? Atau juga ingin melepas striping bawaan pada motor agar tampil lebih elegan? Tenang saja, cara melepas stiker motor sangatlah mudah. Takut cat motor tergores saat melakukan pelepasan stiker atau striping? Di bawah ini saya akan menjelaskan cara yang benar agar cat bawaan motor tidak tergores.

Cara Melepas Stiker Motor

Cara Melepas Stiker Motor

Cara Melepas Stiker Motor dengan Cepat Tanpa Bekas

Advertisements

Kebanyakan orang yang sedang ingin melepas stiker pada motor, melakukan kesalahan dengan tidak sengaja menggores cat motor. Mungkin karena cara melepas stiker motor yang salah dilakukan. Tidak boleh sembarangan dalam menghilangkan stiker motor, karena akibatnya cukup fatal.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Secara Alami

Ada cara khusus untuk menghilangkan stiker motor tanpa merusak cat. Cara ini mungkin juga belum diketahui oleh banyak orang, termasuk Idotom sendiri. Langkah-langkahny pun cukup mudah, dan butuh beberapa alat saja untuk melakukan cara melepas stiker motor yang benar. Jika Idotom lebih suka motor dengan hiasan stiker, lihat inspirasi stiker motor keren ini.

Alat untuk melepas stiker motor dengan mudah

  • Cairan WD-40. Cariran ini memang dirancang khusus untuk memisahkan benda atau objek melekat pada objek lainnya, seperti stiker, minyak, permen karet, pilok, kotoran di objek dan masih banyak lagi.
  • Hair dryer atau pengering rambut. Kalau tidak punya bisa menggunakan korek api atau benda yang bisa menghasilkan panas lainnya.
  • Opsional minyak kayu putih.

Langkah-langkah menghilangkan stiker motor

Setelah beberapa alat dan bahan diatas sudah disiapkan, berikutnya langsung ke cara melepas stiker motor. Melakukan pelepasan stiker motor harus secara hati-hati agar tidak menyebabkan hal-hal yang fatal. Langakah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Idotom bisa membersihkan motor terlebih dahulu agar lebih mudah dalam menerapka cara menghilangkan stiker motor. Bisa menggunakan lap bersih atau dengan memandikannya.
  2. Setelah bersih, barulah semprotkan cairan WD-40 pada bodi motor yang terdapat stiker. Semprotkan secara menyeluruh pada stiker agar lebih mudah dalam pelepasannya nanti. WD-40 sendiri nantinya akan membuat stiker lebih mudah terangkat tanpa merusak cat motor.
  3. Sekarang waktunya untuk menggunakan alat bisa menghasilkan panas. Sangat direkomendasikan menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Panaskan stiker dengan alat tersebut dari ujung hingga pangkal stiker. Perlu diingat jarak hair dryer dengan objek jangan terlalu dekat karena bisa menyebabkan cat motor memudar.
  4. Setelah itu, mulailah melepas stiker motor dari ujung secara perlahan. Jika ada bagian yang dirasa masih menempel kuat, cobalah untuk memanaskannya kembali dengan hair dryer.
  5. Mungkin akan ada beberapa bagian stiker yang tertinggal karena terlalu cair, atau ada sisa lemyang melekat di bodi. Tenang saja, nanti Idotom bisa menghilangkannya dengan mudah.
  6. Setelah semua bagian stiker terlepas dari bodi motor, cara menghilangkan stiker motor tanpa bekas berikutnya adalah dengan membersihkan sisa-sisa lem atau stiker.
  7. Untuk menghilangkan sisa lem atau bagian stiker yang menempel, Idotom bisa menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih juga diklaim bisa mengangkat sisa lem atau stiker yang merekat kuat. Jika tidak ada minyak kayu putih, maka Idotom bisa menggunakan cairan WD-40 tadi. Hasilnya juga sama kok, hanya saja minyak kayu putih lebih cepat dalam mengangkat lem dan sisa stiker.
  8. Dan jika semua bodi sudah bersih dari stiker dan juga lem, langkah berikutnya adalah dengan memandikan motor. Memandikan motor berguna untuk menghilangkan bau dari minyak kayu putih atau cairan WD-40, serta agar motor tampak lebih bersih sempurna.
  9. Setelah bersih, cobalah juga aplikasikan cairan pengkilap bodi motor agar tampak lebih elegan dan premium.
Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Agar Bersih dan Tidak Bau

Tips agar motor polos tampil lebih keren

Lucu dong kalau motor yang sudah dilepas stikernya tapi tampilannya justru kurang memuaskan. Idotom masih perlu melakukan satu polesan agar motor terlihat lebih keren dan elegan. Caranya dengan memanfaatkan Emblem 3D. Emblem 3D akan membuat bodi motor tampak lebih mewah dan premium. Motor polos sekelas NMAX, Scoopy atau Vario 150 juga menggunakan Emblem 3D untuk mempermewah tampilannya.

Emblem 3D ini sendiri bisa ditemukan diberbagai toko aksesoris motor atau di marketplace lokal. Harganya juga cukup bervariatif sesuai dengan jenis atau tipe motor Idotom. Harga juga dibedakan dari kualitas dari setiap emblem 3D, semakin mahal pastinya juga semakin bagus kualitasnya.

Kesimpulan

Cara melepas stiker motor sangatlah mudah, cukup menggunakan cairan WD-40, hair dryer, dan minyak kayu putih. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar cat bawaan motor tidak ikut tergores. Jangan gunakan benda tajam untuk melakukan pelepasan stiker, agar tidak semakin memperbesar risiko cat tergores.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Berapa Biaya Mutasi Motor Secara Keseluruhan? Ini Dia Ulasannya
9 Cara Melepas Stiker Motor dengan Cepat Tanpa Bekas | Idot | 4.5