3 Cara Memotong Rantai Motor Tanpa Melepasnya dari Gir

Cara memotong rantai motor – Seiring lamanya penggunaan, sudah semestinya rantai dan gir motor diganti. Tanda-tanda rantai dan gir motor minta diganti yang baru adalah terjadinya aus atau kendor. Untuk rantai kendor, memang masih bisa dipotong untuk mengencangkannya. Jika rantai masih terlihat bagus, mungkin cara ini akan cukup efektif untuk mengatasi rantai motor kendor.

Tapi demikian, ternyata masih banyak pemilik motor yang masih belum tahu bagaimana cara memotong rantai seperda motor. Padahal cara potong rantai motor sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu alat khusus untuk membuka kancingnya. Di jaman modern seperti sekarang ini, memotong rantai sepeda motor sudah bisa dilakukan tanpa melepas rantai dari gir motor. Emangnya bisa? Bisa dong, simak caranya di bawah ini.

Cara Memotong Rantai motor

Cara Memotong Rantai Motor

3 Cara Memotong Rantai Motor dengan Cepat dan Mudah

Advertisements

Mungkin sebagian dari Idotom masih bingung bagaimana cara memotong rantai motor. Apalagi dengan tanpa harus melepas rantainya dari gir motor, akan terasa sangat sulit untuk dilakukan. tapi sebenarnya langkah tersebut sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Idotom yang masih pemula sekalipun. Tidak perlu ke bengkel, mengetahui cara ini maka Idotom bisa menerapkannya ketika rantai motormu kendor.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

1. Cara memotong rantai motor tanpa melepasnya dari gir

Cara memotong rantai motor tanpa melepasnya dari gir

Cara memotong rantai motor tanpa melepasnya dari gir

Saat akan memotong rantai sepeda motor, cara tradisionalnya adalah dengan melepas rantainya dari gir. Tapi ternyata cara ini terlalu rumit, dan sering kali panjang rantai tidak sesuai ketika dipasangkan ke gir motor. Baik itu masih tetap kepanjangan atau justru terlalu kencang. Karena itulah, cara satu ini menjadi jawaban dari masalah tersebut.

Kita bisa melakukan pemotongan rantai motor tanpa harus melepas rantai dari gir motornya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Sebelumnya Idotom harus siapkan alat khusus memotong rantai motor yang sering disebut dengan treker pemotong rantai. Alat ini khusus dibuat untuk memotong rantai tanpa harus melepas rantainya dari gir.
  2. Posisikan alat tersebut tepat pada sambungan rantai, kemudian buka langsung sambungan rantai tersebut.
  3. Sesuaikan banyak rantai yang ingin dipotong agar pas pada gir.
  4. Pasang kembali pin atau kunci sambungan rantai menggunakan alat yang tadi.
  5. Perlu diingat, pastikan saat pemasangan pin alat tersebut berada tepat pada posisinya. Selain itu, jangan sampai memasang pin atau kunci rantai secara terbalik.

Selesai, sekarang rantai motor tidak lagi kendor dan berisik. Sebagai catatan, jika motor sering dipacu untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya lakukan penggantian rantai beserta girnya saat terjadi aus atau kendor. Ini bertujuan untuk mencegah rantai lepas atau putus ketika perjalanan.

2. Cara memotong rantai motor dengan chain breaker

Cara memotong rantai motor dengan chain breaker

Cara memotong rantai motor dengan chain breaker

Alat yang digunakan untuk cara yang kedua ini sebenarnya mirip dengan alat sebelumnya. Tapi mungkin cara ini lebih efektif dilakukan, khususnya untuk pemula dalam dunia otomotif. Langkah-langkahnya tidak terlalu rumit sehingga gak bakalan menyusahkan Idotom. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Pertama silahkan Idotom lepaskan rantai dari motor agar lebih mudah saat akan memotongnya nanti.
  2. Setelah itu, posisikan chain breaker pada bagian pin atau pengunci sambungan rantai.
  3. Sebelum memotong, kencangnya terlebih dahulu bagian yang seperti baut agar pin tidak meloncat saat dilepaskan dari rantainya.
  4. Setelah sambungan pin rantai dilepas, hitung berapa jumlah mata rantai yang ingin dipotong. Cara menghitungnya cukup mudah yakni dengan mencoba memasangkannya pada gir dan kira-kira berapa mata rantai yang akan dipotong.
  5. Baru selanjutnya lepas kembali dan potong rantai sesuai jumlah yang sudah diukur tadi.
  6. Jika sudah, sambungkan kembali rantai dengan menggunakan chain breaker tadi. Kencangkan bautnya agar Idotom lebih mudah memasangkan pin pengunci rantai.
  7. Sekarang Idotom hanya perlu memasangkannya kembali ke gir motor.
Baca Juga :  Apa Saja Syarat Mobil Grabcar yang Harus Terpenuhi?

3. Cara memotong rantai motor secara tradisional

Cara memotong rantai motor secara tradisional

Cara memotong rantai motor secara tradisional

Sebelumnya hadirnya alat pemotong rantai seperti treker rantai ataupun chain breaker, orang-orang sering menggunakan cara manual. Mereka biasanya hanya memerlukan beberapa alat seperti palu, besi kecil yang kuat (paku) dan juga balok sebagai alasnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa disimak di bawah ini:

  1. Pertama pastinya Idotom harus menyiapkan alat dan melepas rantai dari motor.
  2. Setelah itu, tempatkan rantai pada balok yang sudah disediakan. Pastikan balok atau alas memiliki sedikir lubang untuk keluarnya pin rantai.
  3. Posisikan besi kecil atau bisa menggunakan paku tepat di atas pin rantai.
  4. Pukul paku dengan palu hingga pin terlepas dari rantai dan rantai pun bisa terlepas sambungannya.
  5. Setelah itu, hitung berapa mata rantai yang akan dipotong.
  6. Sambungkan kembali mata rantai dengan pin pengunci. Pukul dengan palu agar pin bisa masuk secara sempurna.

Cukup mudah bukan cara memotong rantai sepeda motor di atas? Pilih salah satu caranya sesuai dengan yang Idotom mau.

Kesimpulan

Untuk memotong rantai sepeda motor, Idotom hanya perlu menggunakan alat khusus seperti trekker pemotong rantai atau juga chain breaker. Namun jika Idotom tidak memiliki kedua alat tersebut, maka bisa memanfaatkan alat seadanya seperti palu dan juga paku. Buka pinnya, lakukan pemotongan dan pasangkan kembali pin pengunci disambungan rantai.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor dan Penyebabnya

Artikel Menarik Lainnya :

3 Cara Memotong Rantai Motor Tanpa Melepasnya dari Gir | Idot | 4.5