Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor dan Penyebabnya

Advertisements

Tekor – Motor adalah salah satu kendaraan bermotor yang memang cukup dibutuhkan saat ini. Dengan adanya motor, kita dengan mudahnya bisa bepergian ke suatu tempat dengan lebih cepat. Karena itulah, motor cukup bisa dimanfaatkan untuk aktifitas sehari-hari.

Selain bisa menunggangi, salah satu yang harus diperhatikan oleh semua pemilik motor adalah melakukan perawatan pada motornya. Perawatan sendiri harus dilakukan secara berkala, dibutuhkan agar motor tetap memiliki performa yang prima. Dan salah satu komponen motor yang perlu mendapat perhatian khusus adalah Accu atau Aki. Aki ini memang cukup krusial sekali yang terdapat pada motor. Karena ketika Aki bermasalah, maka motor tidak akan maksimal performanya saat ini ditungganggi. Atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Banyak masalah yang bisa terjadi pada sebuah aki motor ini, salah satunya adalah aki yang mengalami tekor. Aki tekor memang cukup sukses membuat prahara kegalauan bagi para pemiliknya. Tak heran banyak dari mereka lantas mencari cara memperbaiki aki motor tekor ini.

Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor dan Penyebabnya

Tak banyak pemilik motor yang tahu mengenai cara memperbaiki aki motor yang tekor ini. Padahal sebenarnya cukup mudah untuk tersebut. Nah, bagi Idotom yang memang mendapati aki motor yang mengalami tekor, pada kesempatan kali ini redaksi IdOtomotif.com akan memberikan tipsnya untuk Idotom semua. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki aki motor tekor ini sendiri.

Advertisements

Penyebab Aki Motor Tekor

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memperbaiki aki motor tekor ini, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dulu apa penyebabnya. Dengan demikian, ketika aki motor tekor sudah diperbaiki, maka tidak akan terjadi yang demikian kembali.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

Terlalu banyak kerak

Penyebab aki motor yang tekor ini disebabkan oleh terlalu banyaknya kerak yang bisanya menempel pada kutub positif ataupun kutub negatif. Faktor kebersihan pada Aki memang sangat dibutuhkan untuk kestabilan kinerja aki motor. Untuk itu, lakukan pembersihan kerak pada sel-sel Aki setidaknya satu bulan sekali agar performa aki tetap stabil.

Terjadinya konslet

Konslet pada aliran kelistrikan motor ini memang bisa menyebabkan aki cepat tekor. Untuk itu, selalu rutin melakukan pengecekan sekering motor atau fuse setiap waktunya. Sekering motor ini sendiri merupakan alat pengaman kelistrikan pada motor.

Motor jarang dihidupkan

Aki yang jarang dihidupkan, baik itu aki motor maupun aki mobil maka akan membuatnya cepat tekor atau mati. Untuk itu, setidaknya lakukan pemanasan motor setiap harinya meskipun Anda tidak akan menggunakannya untuk bepergian.

Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki motor tekor diatas, kini saatnya langsung ke pembahasan awal yakni cara memperbaiki aki motor tekor. Berikut langkah-langkahnya untuk Idotom semua.

  • Sebelum melakukan perbaikan aki motor tekor, siapkan terlebih dahulu beberapa alat yang dibutuhkan, seperti Air Accu Zuur (warna kuning), suntikan, alat pembuka tutup aki, dan lem (alteco).

Setelah dipersiapkan semuanya, langsung saja pada step-step untuk dibawah ini :

Advertisements
  1. Langkah pertama untuk cara memperbaiki aki motor yang tekor adalah melepaskannya dari motor.
  2. Selanjutnya, buka atau cungkil tutup aki dengan alat pencungkil dengan hati-hati. Biasanya penutup ini cukup rapat dan susah unuk dibuka. Ini karena tutup aki memang harus rapat agar tidak terjadi kebocoran yang akhirnya akan menimbulkan kerusakan pada aki.
  3. Setelah terbuka semua, isi jarum suntikan dengan air aki zuur yang sudah dipersiapkan tadi. Isi setiap sel aki dengan 1-2 suntikan. Sesuaikan saja dengan kapasitas sel setiap aki. Namun, jangan terlalu penuh agar tidak terjadi tumpah. Jika memang tumpah, bersihkan air aki tersebut menggunakan kain lap. Jika dibiarkan maka hal tersebut akan menyebabkan kerak dikemudian hari.
  4. Setelah pengisian, tutup semua lubang aki tadi dengan penutupnya. Tutup sampai benar-benar rapat agar tidak terjadi kebocoran.
  5. Berilah lem alteco pada setiap penutup aki agar bisa tertutup rapat. Perlu diingat, jangan sampai terjadi kebocoran karena jika hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan konsleting atau parahnya lagi terjadi ledakan.
  6. Langkah terakhir untuk cara memperbaiki aki motor tekor adalah melakukan pengecesan menggunakan alat charger aki. Jika memang Idotom tak memiliki alat pengecesan, maka bisa memanfaatkan motor Idotom sendiri.
Baca Juga :  SIM Online Jakarta, Begini Prosedur dan Mekanismenya

Mengenai cara mencharger aki dengan menggunakan motor adalah dengan memasang kembali aki pada motor. Sambungkan kabel massa serta kabel 12 Volt pada tempatnya, jangan sampai tertukar. Selanjutnya hidupkan motor dengan menggunakan kick starter (starter kaki). Setelah menyala, lakukan setting pada karburator motor dengan menaikkan setelan stasioner motor dan menahannya di angka 1.000 RPM. Biarkan motor dalam keadaan menyala selama 15-20 menit.

Demikian tadi cara memperbaiki aki motor tekor yang bisa kami bagikan kepada Idotom semua. Lakukan langkah diatas dengan benar sehingga aki motor bisa digunakan secara normal kembali.

Advertisements
Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor dan Penyebabnya | Idot | 4.5