Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah, Ampuh 100%

Advertisements

– Aki adalah nyawa untuk motor. Jika aki atau accu motor soak atau lemah, maka motor tak akan bisa digunakan seperti biasanya. Aki berfungsi sebagai alat penyuplai daya listrik ke seluruh komponen motor yang membutuhkannya. Karena itulah, jika terjadi kerusakan pada Aki maka bukan hal yang tidak mungkin motor tak akan berguna lagi. Aki yang lemah ini memang tak jarang dialami oleh banyak pemilik motor. Alasannya karena kerusakan pada sebuah alat elektronik tak akan bisa dielakkan, tak terkecuali pada aki motor ini.

Ketika aki motor lemah atau mengalami kerusakan, cara terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, jika memang masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka Idotom bisa memperbaikinya dengan tanpa mengeluarkan budget besar yang akan menguras kantong. Berikut ini redaksi IdOtomotif.com akan mengulaskan cara memperbaiki aki motor yang lemah untuk Idotom semua.

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah

Sebenarnya cukup mudah untuk cara memperbaiki aki motor yang lemah ini. Cukup melakukan beberapa langkah sederhana maka aki motor bisa diperbaiki dengan sangat baik. Perbaikan aki motor yang lemah ini memanfaatkan salah satu obat sakit kepala yang cukup banyak dikenal yaitu Bodrex. Memang terbilang unik dan seakan tak berpengaruh untuk perbaikan aki motor yang lemah ini. Namun, kenyataannya memang begitu adanya.

Baca Juga :  5+ Cara Memperbaiki Motor Boros Bensin dan Penyebabnya

Sebelum melakukan cara memperbaiki aki motor yang lemah, terlebih dahulu kita mempersiapkan beberapa bahan dan alatnya. Berikut beberapa alat dan bahan untuk memperbaiki aki motor yang lemah harus dipersiapkan :

Advertisements
  • Suntikan bekas
  • Air Accu Zuur
  • Air panas
  • Obeng untuk pencungkil
  • Obat sakit kepala Bodrex

Setelah mempersiapkan semua bahan dan alatnya, selanjutnya adalah menerapkan cara memperbaiki aki motor yang lemah. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Idotom terapkan :

  1. Langkah pertama untuk cara memperbaiki aki motor yang lemah ini adalah melepaskan aki dari motor, supaya lebih mudah dalam perbaikannya.
  2. Selanjutnya buka penutup pada setiap sel aki dengan menggunakan obeng.
  3. Setelah terbuka semua, barulah kosongkan isi aki dengan cara membuang semua air aki yang ada didalamnya.
  4. Berikutnya isi aki yang sudah kosong tadi dengan menggunakan air panas. Kocoklah untuk membersihkan isi dalam aki, kemudian buang kembali. Lakukan hingga keadaan air yang diisikan pada aki terlihat jenih dan tidak keruh.
  5. Setelah bersih, barulah isi dengan air aki hingga penuh dan tutup kembali. Kocoklah sampai aki benar-benar bersih. Kemudian buang airnya.
  6. Isi kembali dengan air aki dengan menggunakan suntikan. Ini tujuannya untuk mengukur takaran air aki yang akan diisikan.
  7. Setelah itu, masukkan pil Bodrex yang sudah dihaluskan terlebih dahulu dengan dosis ½ tablet untuk setiap sel aki motor. Ini untuk aki yang berukuran 12V 5AH. Sedangkan untuk ukuran lainnya bisa disesuaikan dosisnya.
  8. Setelah selesai semua, tutup kembali hingga aki tertutup rapat.
  9. Lakukan pengecasan aki motor terlebih dahulu sebelum dipasangkan.
  10. Setelah dicharge maka langsung lakukan pemasangan pada motor.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Secara Alami

Sekarang serangkaian cara memperbaiki aki motor yang lemah sudah bisa dilakukan dengan baik. Kini Idotom tinggal mencoba performa dari motor ketika sudah diperbaiki akinya.

Bodrex sendiri berguna untuk merontokkan kotoran atau kerak yang berada didalam aki yang bisanya akan menyebabkan aki lemah atau soak. Untuk itulah, setelah beberapa waktu lakukan kembali cara diatas namun dengan tanpa menambahkan larutan Bodrex. Isi secara normal sehingga aki motor bisa berfungsi seperti sedia kala.

Demikian tadi cara memperbaiki aki motor yang lemah bisa kami tim redaksi IdOtomotif.com ulaskan untuk Idotom semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisements
Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah, Ampuh 100% | Idot | 4.5