Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya

Advertisements

yang Soak – Kebutuhan akan motor semakin tak terelakkan saat ini. Hidup tanpa adanya sebuah motor rasanya cukup sulit untuk bisa dengan mudah pergi kemanapun. Meskipun nyatanya masih banyak kendaraan umum yang bisa dimanfaatkan jika memang mau bepergian. Tetapi memang hal tersebut kurang efektif karena tidak bisa leluasa ketika kita hendak kemana.

Perlu diingat, ketika memiliki sebuah motor kita harus siap untuk merawatnya, mulai dari mesin, oli, hingga aki motor. Dan salah satu yang paling fital harus dirawat adalah aki motor. Aki motor sendiri merupakan komponen kelistrikan pada sebuah motor, khususnya untuk motor yang mengusung sistem kelistrikan tipe DC. Accu atau Aki motor yang dalam keadaan baik, maka akan lebih optimal dalam menyuplai daya listrik ke seluruh komponen motor yang membutuhkannya.

Ketika aki motor bermasalah, misalnya saja dalam hal ini aki motor soak, maka hal tersebut akan berpengaruh pada keoptimalan motor. Atau bahkan motor tidak bisa digunakan jika memang aki motor tersebut mengalami soak. Cukup banyak memang yang mengalami hal tersebut, sehingga tak jarang juga orang yang mencari cara memperbaiki aki motor yang soak di internet. Salah satunya pada artikel yang akan redaksi Idotomotif.com ulaskan ini.

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak

Sebenarnya cukup mudah untuk cara memperbaiki aki motor yang soak ini. Dengan melakukan beberapa step saja, Idotom semua bisa mengatasinya. Namun sebelum lebih lanjut ke pembahasan mengenai cara memperbaiki aki motor yang soak, alangkah lebih baik mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Berikut beberapa penyebab aki motor soak yang perlu Idotom tahu.

Advertisements

Pengisian aki lemah

Penyebab aki motor soak yang petama adalah karena pengisian aki motor yang kurang maksimal atau lemah. Dan untuk mengatasinya, maka Anda harus selalu menjaga dan merawatnya dengan cara memaksimalkan pengisiannya.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Secara Alami

Jarang dinyalakan

Penyebab berikutnya pada aki yang soak ini adalah ketika motor jarang digunakan atau dinyalakan. Sangat penting memang memanasi motor setiap hari minimal 10-20 menit. Dengan begitu maka aki motor akan lebih awet dan tidak cepat soak.

Banyaknya kerak

Kerak pada kutub negatif dan kutub positif harus selalu dijaga kebersihannya. Lakukan pembersihan ini setidaknya 1 bulan sekali agar kerak tidak semakin menumpuk dan menyebabkan aki motor soak. Biasanya kerak pada aki yang menumpuk ini disebabkan oleh pengisian aki yang kurang maksimal. Atau bisa jadi terjadi kebocoran pada aki motor.

Aki konslet

Penyebab aki motor soak yang selanjutnya adalah karena terjadinya konslet pada aki motor. Penting sekali untuk selalu mengecek sekering motor atau yang biasa disebut fuse. Alat pengaman kelistrikan pada motor tersebutlah yang bisa mengatasi konslet pada aki.

Banyak variasi motor yang terpasang

Penggunaan variasi motor yang terlalu banyak juga akan menyebabkan akit cepat rusak atau soak. Ketika pemasangan variasi ini terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan kemampuan kapasitas aki,maka yang terjadi adalah soak. Untuk itu, penting mengimbangi kapasitas aki dengan penambahan variasi motor.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki soak diatas, selanjutnya kita kembali ke pokok pembahasan pertama yaitu cara memperbaiki aki motor yang soak. Cukup mudah dan langkah-langkahnya tak terlalu rumit, yakni hanya memanfaatkan obat sakit kepala Bodrex.

Advertisements

Terbilang tidak masuk akal memang jika memperbaiki aki motor yang soak menggunakan bodrex. Namun hal tersebut benar adanya, dan cukup ampuh dalam pengaplikasiannya. Berikut cara memperbaiki aki motor yang soak dengan bodrex bisa Idotom terapkan :

  1. Langkah pertama menyiapkan terlebih dahulu alat-alatnya, seperti aki motor yang soak, suntikan, obeng, 2 botol air Accu Zuur, bodrex, dan air panas.
  2. Setelah disiapkan semua, sekarang langsung ke cara memperbaiki aki motor yang soak.
  3. Buka penutup aki, lalu buang semua air yang berada didalam setiap sel aki.
  4. Selanjutnya isi dengan air panas yang sudah disiapkan tadi hingga terisi penuh. Diamkan beberapa menit kemudian buang airnya. Lakukan langkah tersebut hingga setiap sel aki menjadi bersih.
  5. Jika dirasa sudah bersih, isilah setiap sel aki menggunakan air zuur hingga penuh.
  6. Setelah semua terisi penuh, diamkan beberapa menit agar sel-sel pada aki bisa berfungsi kembali berkat rendaman air Accu Zuur tersebut. Setelah itu, buang air yang terisi tadi hingga bersih.
  7. Pada tahap ini, selanjutnya isikan kembali air Accu Zuur dengan menggunakan suntikan pada setiap sel aki. Isi hingga mencapai batas maksimal pengisian air aki.
  8. Setelah itu, tambahkan 1/5 bodrex yang sudah dihaluskan pada setiap sel aki.
  9. Dan langkah terakhir dalam serangkaian cara memperbaiki aki motor yang soak ini adalah melakukan charge aki atau penyetruman. Lakukan pencharge-an aki ini selama kurang lebih 2-3 jam lamanya. Dengan demikian aki motor yang soak bisa teratasi dengan baik.
Baca Juga :  Apa Saja Syarat Mobil Grabcar yang Harus Terpenuhi?

Demikian tadi cara memperbaiki aki motor yang soak bisa Idotom terapkan sendiri dirumah. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisements
Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya | Idot | 4.5