Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam dan Penyebabnya

Advertisements

– Motor adalah salah satu alat transportasi praktis yang banyak diminati saat ini. Motor terbukti bisa mempermudah siapa saja saat akan pergi ke suatu tempat. Tidak seperti mobil, motor tentunya lebih praktis dan cukup mudah untuk dibawa blusukan ke jalan-jalan sempti.

Selain kemudahan tersebut, tak jarang motor juga mengalami suatu masalah. Dan dalam hal ini adalah motor yang mengeluarkan asap hitam dari knalpotnya. Bagi orang awam pasti tidak mengerti dan tidak tahu cara mengatasinya. Untuk itulah pada artikel ini akan kami “Redaksi IDOtomotif.com” jelaskan yang mudah untuk Idotom semua.

Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam dan Penyebabnya

Masalah motor yang mengeluarkan asap berwarna hitam ini memang cukup sering dialami pengguna. Motor berasap hitam tersebut tentunya akan mengurangi kepercayaan diri penungganya. Tak hanya itu, masalah tersebut juga sering menumbulkan masalah dan tidak meresahkan pengendara lain. Untuk itulah penting untuk idotom mengetahui penyebab motor berasap hitam dan cara memperbaikinya.

Idotom bisa mengetahui penyebab motor berasap hitam ini melalui dua aspek, yakni memeriksa knalpot dan busi. Pertama cek saja knalpot motor, apakah terdapat keropos, kotor, atau banyak kerap oli yang menempel. Untuk mengatasi motor berasap hitam karena masalah knalpot ini adalah mengganti knalpotnya dengan yang baru. Usahakan Idotom membeli knalpot yang ori dan merupakan bawaan dari motor.

Advertisements

Dan yang kedua cek busi motor, kemudian lihat apakah titik api busi hitam atau tidak. Jika memang berwarna hitam, maka bisa dipastikan motor berasap hitam disebabkan oleh proses hidupnya mesin. Dan untuk cara memperbaiki motor berasap hitam ini, silahkan simak dibawah ini.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor Kering dengan Bodrex

Motor berasap akibat karburator

Karburator sendiri adalah komponen krusial pada motor yang berfungsi sebagai pengabutan. Saat pengaturan udara dan bahan bakar tidak pas, maka hal tersebutlah yang menjadi penyebab motor berasap hitam ini. Namun, untuk penjelasan lebih detail mengenai penyebab motor berasap hitam karena masalah di karburtor, silahkan simak dibawah ini.

  • Penyetelan langsam angin atau udara karburator yang kurang tepat. Penyetelan terlalu kedalam dan terlalu kecil sehingga udara yang masuk saat langsam udara terbilang kecil juga. Untuk cara mengatasinya, Idotom bisa menyetel ulang langsam udara ini dengan tepat.
  • Penyebab selanjutnya adalah karena lubang spuyer main jet atau show jet karburator mengalami aus yang mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran terlampau banyak.
  • Penyetelan jarum piston gas karburator yang terlalu boros. Untuk itu, setel ulang jarum piston menjadi lebih irit bahan bakar.
  • Selanjutnya adalah karena filter udara sudah kotor yang menyebabkan penyumbatan udara dan tidak bisa menyaring udara bersih dengan baik. Untuk solusinya, Idotom bisa filter udara tersebut.
  • Masalah selanjutnya disebabkan oleh bahan bakar bensin yang kurang bersih. Saat membeli bensin di tukang ecer, tak sedikit ada yang melakukan kecurangan dengan mencampurkan bensin dengan bahan lain. Inilah yang bisa menyebabkan masalah motor berasap hitam tersebut. Solusinya adalah dengan menguras dan mengisinya dengan bensin asli dari pertamina.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya

Motor berasap hitam akibat lemah kompresi

Penyebab motor berasap hitam selanjutnya adalah karena komponen mesin motor yaitu kompresi. Untuk mengetahui beberapa penyebab lebih pastinya, simak dibawah ini.

  • Bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran tidak normal diakibatkan oleh settingan klep atau kedudukan payung klep sering masuk dan keluar. Untuk itu, pastikan bagian karburatornya benar-benar sudah normal dan sempurna.
  • Penyebab selanjutnya motor berasap hitam adalah karena klep minyak yang mengalami kebocoran. Untuk mengetahui klep mengalami bocor atau tidak, Anda bisa menghidupkan mesin motor. Jika memang mesin motor masih bisa langsam, berarti klep masih dalam keadaan sempurna. Namun, jika sebaliknya maka masalah kebocoran memang terjadi. Klep yang bocor ini akan mengakibatkan kompresi lemah sehingga memaksa bahan bakar bakar minyak masuk lebih boros. Untuk mengatasinya, Idotom bisa menyekir klepnya.
  • Dan terakhir diakibatkan oleh gasket. Periksa apakah diantara silinder dan kepala silinder ngerembes oli atau tidak. Jika memang iya, maka Idotom harus mengganti gasketnya tersebut.

Motor berasap hitam akibat busi

Busi adalah salah satu komponen pengapian pada sebuah motor. Motor yang berasap hitam memang bisa disebabkan oleh busi ini. Untuk memastikan, idotom bisa mengecek percikan api dari busi motor. Lihat apakah percikan apinya bercabang atau memerah. Jika demikian, maka bisa dipastikan businya memang bermasalah. Silahkan Idotom ganti saja businya tersebut.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah, Ampuh 100%

Motor berasap hitam akibat ruang pembakaran

Dan yang menjadi penyebab terakhir motor mengeluarkan asap hitam adalah pada ruang pembakaran yang terlalu banyak timbunan kerak karbon. Solusinya adalah dengan membongkar bagian kepala silinder, kemudian bersihkan kerak pembakaran tersebut.

Sementara untuk motor injeksi yang mengeluarkan asap hitam ini bisa disebabkan karena filter udaranya yang kotor. Ata bisa juga karena busi motor yang sudah rusak. Untuk cara mengatasi motor injeksi berasap hitam tersebut, Idotom bisa mebgganti filter udaranya setiap sudah menempuh jarak 10.000 km. Serta mengganti juga businya jika memang sudah rusak.

Advertisements

Demikian tadi cara memperbaiki motor berasap hitam yang bisa kami Redaksi Idotomotif.com ulaskan untuk Idotom semua. Lakukan tahap-tahap identifikasi dan perbaikan diatas secara berurutan agar masalah motor berasap hitam bisa segera teratasi.

Advertisements
Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam dan Penyebabnya | Idot | 4.5