Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

Advertisements

Cara Memperbaiki Motor Berasap – Beberapa waktu lalu ada teman Minin bertanya soal kesehatan motornya, dimana waktu itu motornya tersebut mengeluarkan asap di knalpotnya saat dihuidupkan. Asap ini cukup tebal dan berwarna putih. Tentunya hal tersebut akan sangat meresahkan saat sepeda motor dipacu dijalanan, bukan hanya bagi penunggang, juga bagi pengendara lain.

Nah, untuk masalah motor teman mimin yang berasap tersebut, mimin coba memperbaikinya dan alhasil asap tak keluar lagi dari knalpotnya. Tentu ada tata cara khusus untuk mengatasi motor berasap, khususnya berasap putih ini. Tetapi, Idotom yang masih pemula pun bisa memperbaikinya, asalkan mau untuk belajar.

Pada Artikel kali ini, Redaksi IdOtomotif.com akan membagikan kepada Idotom semua mengenai penyebab motor berasap putih beserta cara memperbaikinya. Perlu diingat juga, cara memperbaiki motor berasap akan lebih efektif diterapkan untuk motor 4 tak.

Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

Cara Memperbaiki Motor berasap

Cara Memperbaiki Motor berasap

Untuk sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Idotom yang masih pemula. Disini mimin bakalan menjabarkan mengenai penyebab dan cara memperbaiki motor berasap, khususnya asap putih paling mudahnya. Berikut langkah-langkahnya untuk Idotom semua.

Advertisements

1. Knalpot yang disemprotkan Oli

Penyebab motor berasap putih, khususnya untuk motor 4 tak adalah karena pengguna menyemprotkan oli pada knalpot motornya dengan alasan supaya knalpot tidak cepat kropos atau awet. Karena pemberian oli pada knalpot inilah yang menjadikan asap putih keluar melalui knalpot motor saat dihidupkan. Cara memperbaikinya adalah dengan membuka knalpot dari motor, lalu kemudian hidupkan motornya. Jika asap putih tidak lagi keluar dari mesin saat knalpot dilepas, maka hal tersebut tak menjadi masalah. Anda tinggal membersihkan knalpotnya, dan masalah motor berasap bisa teratasi.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya

Tetapi jika asap putih masih keluar, maka dipastikan motor Anda berada dalam masalah yakni pada bagian mesinnya.

2. Piston dan Ring piston yang bermasalah

Penyebab selanjutnya dari motor yang mengeluarkan asap putih adalah karena terjadinya masalah pada piston dan ring piston. Piston yang melemah dan mengalami aus akan menyebabkan kebocoran oli pada sela-sela dinding silinder saat mesin berputar sehingga merembes ke ruang pembakaran dan akhirnya ikut terbakar. Pembakaran inilah yang menyababkan keluarnya asap putih pada motor. Salah satu tanda bahwa penyebab motor berasap ini akibat piston dan ring piston bermasalah adalah oli mesin yang cepat habis.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti piston dan ring piston yang baru. Dengan demikian, masalah motor berasap putih bisa segera terselesaikan.

3. Botol Klep yang longgar

Selanjutnya yang menjadi penyebab motor berasap putih ini adalah karena botol klep yang longgar atau tidak serer. Silahkan idotom cek botol klep pada motor, apakah sudah longgar atau belum. Jika memang longgar, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Selain itu, lakukan pemasangan harus tepat dan duduk sempurna. Karena jika tidak, maka hal tersebut akan mempersulit Anda saat melakukan penyekiran klep.

4. Tiang payung klep mengalami aus

Selanjutnya untuk pada motor 4 tak ini adalah dengan mengecek tiang payung klep. Apakah mengalami aus ataupun tidak. Untuk cara mengeceknya adalah dengan melepaskan kuku klep dan per klep, kemudian masukkan tiang klep ke botol klep. Cobalah untuk mengerakkan ke kiri maupun kekanan. Jika memang longgar berarti tiang payung klep memang mengalami aus. Untuk cara mengatasinya adalah dengan mengganti tiang payung klep dengan yang baru.

Advertisements

5. Klep yang bocor

Penyebab motor 4 tak berasap putih selanjutnya adalah klep yang bocor. Kebocoran pada klep ini biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya kerak yang menumpuk pada bibir klep. Atau bisa juga karena klep yang sudah tidak rata. Sementara untuk cara mengatasinya adalah dengan menyekir klep menggunakan alat bantu amplas cair atau amrile. Ini bertujuan untuk merapatkan kembali posisi klep pada setting klep.

Baca Juga :  Tips Mudah untuk Lolos Tes Teori SIM C Terbaru 2018

6. Seal klep mati atau keras

Dan penyebab motor berasap putih yang terakhir adalah karena seal klep yang sudah mati atau keras. Untuk masalah motor 4 tak berasap putih ini memang kebanyakan disebabkan karena masalah ini. Dan untuk cara memperbaikinya adalah mengganti seal klep dengan yang baru. Untuk pencegahan, alangkah lebih baiknya Idotom selalu melakukan penggantian seal klep ini pada saat service motor.

Selain motor yang mengeluarkan asap putih, masalah lainnya yang sering dialami para penikmat motor adalah motor keluar asap hitam. Dan untuk cara memperbaiki motor berasap hitam ini tentunya berbeda dengan cara diatas. Selain itu, penyebab motor berasap hitam juga berbeda pula. Namun, untuk masalah ini kami sudah merangkumkannya pada artikel ini >> Cara memperbaiki motor berasap hitam

Demikian tadi cara memperbaiki motor berasap yang bisa kami bagikan kepada idotom semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Lemah, Ampuh 100%
Advertisements
Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah | Idot | 4.5