Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet

Advertisements

Ban Tubeless – Cara menambal ban tubeless sendiri sebenarnya tidak sulit. Ban tubeless memiliki banyak kelebihan namun ada satu kelemahan yang dimiliki oleh ban jenis ini yaitu ketika ban bocor maka yang diperlukan adalah cara menambal ban tubeless yang memiliki teknik khusus. Teknik khusus tersebut dibutuhkan karena memang ban tubeless berbeda dengan ban tubetype sehingga penanganan ketika bocor juga berbeda.

Sebenarnya tidak perlu khawatir atau bingung ketika ban tubeless bocor karena siapa saja bisa menambalnya sendiri asal memiliki alat yang dibutuhkan. Alat-alat tersebut bisa Idotom dapatkan di bengkel-bengkel terdekat dengan harga yang murah.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menambal ban tubeless adalah alat pelubang, penjepit, dan karet perekat. Alat-alat ini bisa juga disebut dengan set tubeless repair kit. Toko-toko spare part otomotif pasti menyediakan alat-alat ini jika Idotom ingin memilikinya.

Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet

Jika ingin tahu cara menambal ban tubeless, tidak perlu bingung dan khawatir karena langkah-langkahnya sangat mudah. Idotom bisa mengikuti langkah-langkah dalam cara menambal ban tubeless di bawah ini:

Advertisements
  1. Langkah pertama untuk menambal ban tubeless adalah mencari bagian ban yang tertancap paku dan jika sudah ditemukan, pastikan tidak ada paku lain yang masih menancap.
  2. Jika tempat ban yang bocor tidak bisa ditemukan, bersihkan semua permukaan ban dan lakukan teknik spoons. Teknik spoons merupakan teknik melumuri seluruh permukaan ban dengan air sabun. Dengan begini letak ban yang bocor bisa diketahui.
  3. Jika paku yang tertancap lebih dari satu, cabut paku-paku tersebut menggunakan tang.
  4. Setelah itu ambil perlengkapan untuk menambal dan buat lubang yang bocor menjadi lebih besar agar karet perekat bisa masuk ke dalam lubang.
  5. Jika lubang bocor sudah cukup besar, siapkan karet perekat yang berbentuk memanjang dan jepitkan karet itu ke tool penjepit.
  6. Langkah selanjutnya adalah memasukkan karet ke dalam lubang yang sudah diperbesar sampai semua karet masuk ke dalam ban.
  7. Setelah itu tarik lagi alat penjepit yang tertancap ke dalam ban dan Idotom akan melihat bahwa secara otomatis karet penambal akan tertinggal.
  8. Jika sudah selesai, ratakan bagian karet yang menonjol pada bagian lubang yang sudah ditambal. Idotom bisa menggunting bagian karet agar permukaannya bisa rata dan proses menambal ban tubeless selesai dilakukan.
Baca Juga :  Daftar Sepeda Listrik Murah Hanya 2 Juta Rupiah

Cara menambal ban tubeless di atas sudah bisa menutup lubang yang bocor pada ban tubeless tapi ada yang menambahkan tambalan dengan perekat jenis lem powerglue pada area bocor yang sudah ditambal. Fungsi penambahan lem ini untuk membuat tambalan menjadi semakin kuat.

Setelah semua proses penambalan dilakukan dengan cara yang benar, Idotom bisa melakukan pengisian angin pada ban agar bisa kembali berkendara dan melanjutkan perjalanan.

Kemudahan dalam Melakukan Tambal Ban Tubeless

Melakukan penambalan ban tubeless dinilai lebih simpel dan sederhana karena alat yang diperlukan tidak banyak. Selain itu, Idotom juga tidak perlu melakukan pembongkaran ban. Namun karena jenis ban tubeless masih tergolong baru, maka bisa dimaklumi jika tenaga yang berpengalaman dalam masalah ban tubeless ini belum banyak.

Dulu ban jenis tubeless ini hanya digunakan untuk mobil-mobil touring, misalnya SUV dan cara menambal ban tubeless mobil juga tidak jauh berbeda. Karena nantinya ban tubeless ini penggunaannya akan semakin banyak dan merata, seperti sekarang motor matic sudah memiliki standar ban tubeless. Maka tidak ada salahnya jika mempelajari cara menambal ban tubeless sendiri untuk berjaga-jaga andai saja mengalami kebocoran ketika sedang dalam perjalanan. Terlebih lagi saat Idotom tidak menemukan penambal ban di sekitar tempat ban bocor.

Setelah mengetahui cara menambal ban tubeless sendiri, Idotom tidak perlu khawatir lagi ketika akan berkendara. Cukup siapkan dan bawa alat-alat yang digunakan serta selalu ingat langkah dalam menambal ban tubeless dengan benar. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, mengetahui cara menambal ban tubeless juga akan bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga :  Denda Telat Bayar Pajak Motor : Cara Menghitung yang Benar

Itulah sedikit ulasan tentang cara menambal ban tubeless sendiri tanpa ribet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisements
Advertisements
Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet | Kukuh Hilmawan | 4.5