Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis

Advertisements

– Semakin berkembangnya zaman, kini helm bukan hanya sebagai pelindung kepala saat berkendara saja. Melainkan helm juga menjadi salah satu item penunjang penampilan keren meskipun saat berkendara. Tak hanya itu, kenyamanan dalam memakai helm juga semakin di tingkatkan. Tak heran banyak produsen helm menyematkan berbagai model dan bentuk helm untuk keamanan pengendara, sekaligus sebagai penunjang penampilan dan kenyamanan saat memakainya.

Cukup banyak jenis helm yang ada saat ini, dan salah satu model helm terbaru yang lagi hits adalah helm bogo. Tetapi masih sama dengan beberapa jenis dan model helm lainnya, ada kalanya pemilik harus mencuci atau membersihkannya saat sudah usang, kotor ataupun bau tidak sedap. Dan untuk cara mencuci helm bogo ini sendiri masih banyak pemilik yang bertanya-tanya. Lantas, bagaimana yang praktis dan mudah? Berikut ini kami ulaskan untuk Idotom , khususnya helm bogo kulit.

Cara Mencuci Helm Bogo

Cara Mencuci Helm Bogo

Sendiri

Sebetulnya cara mencuci helm bogo sendiri ini cukup mudah untuk dilakukan, bahkan oleh siapapun. Hanya saja ada tata caranya yang perlu diterapkan agar helm bisa tetap kinclong dan bersih. Selain itu, karena helm bogo ini terbuat dari lapisan kulit di luarnya, maka perlu perlakuan khusus saat mencucinya. Berikut redaksi IdOtomotif.com akan merangkumkannya untuk Idotom semua.

Baca Juga :  30+ Stiker Motor Keren Paling Hits dan Kekinian

1. Melepas bagian kaca dan busa helm

Langkah pertama dalam cara mencuci helm bogo kulit sendiri adalah dengan melepas semua bagian helm, seperti kaca helm dan busa helm. Jika memang busanya tidak bisa dilepas, jangan dipaksakan karena bisa saja helm rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Ini karena beberapa jenis helm bogo berbeda-beda, khususnya helm bogo kulit.

Advertisements

2. Merendam dan membersihkan helm

Selanjutnya adalah merendam kaca dan busa helm yang sudah dilepas tadi. Rendamlah kaca dan busa helm tersebut dengan air sabun selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, gosok atau sikatlah busa helm secara hati-hati menggunakan sikat kecil yang lembut. Untuk kacanya, gosok menggunakan kain lembut.

Setelah besih, barulah kaca dan busa helm direndam kembali menggunakan pengharum pakaian yang sudah dicampurkan ke dalam air bersih. Ini dilakukan supaya aroma wangi pada helm bisa bertahan lebih lama.

3. Melakukan pengeringan

Cara mencuci helm bogo sendiri selanjutnya adalah dengan melakukan pengeringan bagian kaca dan busa yang sudah direndam tadi. Khusus untuk busa helm, pengeringan bisa dilakukan dengan menaruhnya dibawah sinar matahari yang sedang terik-teriknya. Perlu diingat, pencucianh helm lebih baik dilakukan saat matahari panas, supaya busa bisa lebih cepat kering. Busa yang tidak cepat kering hanya akan mendatangkan bau yang tidak sedap.

Sementara untuk kacanya sendiri, Idotom bisa mengelap dengan kain bersih yang lembut. Ini juga merupakan serangkaian cara cuci helm cepat yang bisa dilakukan.

Baca Juga :  30+ Stiker Motor Keren Paling Hits dan Kekinian

4. Membersihkan bagian luar helm bogo

Karena bagian luar helm bogo umumnya terbuat dari kulit, maka ada cara khusus yang perlu dilakukan. Jangan sembarangan, karena kesalahan dalam mencuci helm bogo kulit sekecil apapun membuatnya tak bagus lagi. Untuk cara mencuci helm bogo bagian luar, khususnya untuk helm bogo kulit adalah dengan mengelapnya menggunakan kain katun bersih dan lembut.

Selanjutnya siapkan air, sabun pencuci dan kain yang lembut. Berikan terlebih dahulu kain dengan setetes sabun pembersih, lalu gosok-gosokkan pada kedua sisinya. Setelah itu, bilas atau basahi kain lembut dengan air bersih. Barulah lap bagian luar helm bogo yang terbuat dari kulit dengan hati-hati. Selanjutnya keringkan dengan cara mengangin-anginkannya. Agar bisa mengkilap, Idotom bisa memolesnya dengan pemoles helm.

Advertisements

5. Mengkinclongkan kaca helm

Kaca helm juga perlu perlakukan khusus supaya bisa tetap bersih dan kinclong. Semprotkan saja bagian kaca helm menggunakan wax pemoles. Gosok-gosok menggunakan kain lembut dan besih hingga kaca menjadi kinclong dan jernih.

6. Pasang kembali semua bagian helm

Langkah berikutnya mengenai cara mencuci helm bogo, khususnya helm bogo kulit adalah dengan memasang kembali semua bagian helm yang sudah dilepaskan tadi. Perlu diingat, lakukan pemasangan semua bagian helm dengan hati-hati, karena bisa saja bisa merusaknya.

7. Penyemprotan pewangi atau desinfektan

Dan cara mencuci helm bogo yang terakhir adalah dengan menyemprotkan wangi-wangian khusus untuk helm yang biasanya tersedia di toko-toko otomotif. Pewangi ini sendiri berguna untuk desinfektan atau pembunuh bakteri yang biasanya membuat helm berbau tidak sedap dan menjamur.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Agar Bersih dan Tidak Bau

Cara diatas juga bisa Anda terapkan pada . Lakukan cara mencuci helm bogo kulit sendiri diatas setidaknya 1-3 bulan sekali supaya helm bisa tetap kinclong dan bersih. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisements
Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis | Idot | 4.5