Cara Mencuci Helm Agar Bersih dan Tidak Bau

Advertisements

Cara Mencuci Helm – Saat musim hujan, hal yang sering dialami para pengendara motor pada helmnya adalah bau tidak sedap yang dikeluarkan. Bau tidak sedap biasanya disebabkan karena helm yang terkena air hujan hingga basah dan tidak segera di jemur, melainkan tetap dibiarkan. Terlebih lagi kaca helm dibiarkan tertutup, sehingga membuat baunya semakin tidak sedap. Jika hal yang demikian ini terjadi, langkah satu-satunya yang bisa idotom lakukan adalah harus mencuci helm tersebut.

Tetapi, bagaimana jika kita tidak tahu cara mencuci helm yang benar? Tak perlu khawatir, karena disini kami akan menyajikan tips mudahnya untuk Idotom semua. Dibawah ini redaksi IdOtomoif.com sudah merangkumkan dengan jelas mengenai cara mencuci helm agar tidak bau dan bersih yang bisa Idotom terapkan.

Cara Mencuci Helm

Cara Mencuci Helm

Agar Mengkilap dan Tidak Bau

Selain dikarenakan helm basah dan dibiarkan tertutup, faktor lain yang menyebabkan helm berbau tidak sedap adalah karena adanya keringat dan kotoran yang menempel pada bagian dalam helm. Faktor tersebutlah yang mestinya harus diwaspadai untuk menghindari bau tidak sedap pada helm. Nah, untuk langkah-langkah dalam cara membersihkan helm agar kinclong dan wangi cukup mudah, kami rangkumkan menjadi 7 tahapan yang perlu dilakukan.

1. Membersihkan kaca dan busa helm

Langkah pertama dalam penerapan cara mencuci helm agar wangi adalah dengan melepas kaca dan gabusnya terlebih dahulu. Tetapi, jika memang busanya tidak bisa dilepas, maka jangan dipaksakan ya. Nantinya bisa rusak loh!

Advertisements

Setelah kaca dan busanya sudah selesai dilepas, maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis

2. Merendam busa helm dengan air sabun

Setelah dibuka semua, sekarang lanjut ke perendaman busa helm dengan air sabun yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Merendam busa dalam air sabun bersih ini dilakukan selama 30 menit. Selanjutnya sikat busa helm dengan hati-hati menggunakan sikat kecil. Setelah bersih, selanjutnya rendam busa atau gabus helm ke dalam air yang sudah dicampur dengan pengharum pakaian. Ini berguna agar wangi helm bisa bertahan lebih lama. Rangkaian tersebut juga merupakan cara mencuci gabus helm yang baik dan benar.

3. Mengeringkan busa helm yang sudah direndam

Setelah dibersihkan, selanjutnya adalah melakukan penjemuran helm dibawah terik matahari. Peraslah terlebih dahulu busa helm dan lalu jemur dibawah sinar matahari yang lagi terik-teriknya. Perlu diingat, jangan pernah mencuci helm disaat matahari lagi mendung atau mau hujan. Karena hal tersebut hanya akan menyebabkan helm berbau apek dikarenakan lama keringnya.

4. Menggosok dan memoles bagian luar helm

Cara mencuci helm supaya wangi yang selanjutnya adalah menggosok bagian luar helm hingga bersih. Untuk mencuci bagian luar helm bisa dengan menggunakan air bersih, lalu mengeringkannya menggunakan kain halus. Setelah selesai dibersihkan, selanjutnya adalah melakukan pemolesan bagian luar helm dengan wax. Gosoklah dengan hati-hati hingga menjadi kinclong. Inilah yang menjadi salah satu cara membersihkan helm agar kinclong.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis

5. Membersihkan dan mengkinclongkan kaca helm dengan wax

Tak hanya bagian luar helm, kaca helm juga penting untuk dibersihkan dan dipoles agar tetap kinclong. Bersihkan kaca helm menggunakan kain halus dan semprot dengan wax pemoles agar kaca tetap jernih dan tanpa goresan. Gosoklah secara hati-hati!

6. Memasang kembali semua bagian helm

Setelah semuanya bersih, kinclong dan wangi, langkah selanjutnya yang harus Idotom lakukan adalah memasang kembali semua bagian helm yang sudah dilepas. Lakukan pemasangan secara hati-hati agar tidak ada kerusakan dan patah.

Advertisements

7. Menyemprotkan pewangi dan desinfektan

Cara mencuci helm yang terakhir adalah menyemprotkan wewangian yang memang disediakan khusus untuk pewangi helm. Pewangi tersebut berguna untuk desinfektan atau sebagai pembunuh bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap dan jamur dibagian dalam helm.

Itulah tadi beberapa urutan dalam cara mencuci helm agar bersih dan tidak bau bisa Idotom terapkan. Lakukan urutannya dengan benar sehingga helm bisa wangi dan kinclong kembali.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  30+ Stiker Motor Keren Paling Hits dan Kekinian
Advertisements
Cara Mencuci Helm Agar Bersih dan Tidak Bau | Idot | 4.5