Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Secara Alami

Advertisements

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil – Sebagai pemilik mobil pastinya Idotom pernah mengalami masalah yang menimpa pada mobil. Salah satu masalah yang kerap kali diterima adalah terdapat goresan atau baret pada mobil. Ya, untuk masalah yang satu ini memang tak terlalu berat. Namun tetep saja membuat penampilan mobil kurang keren dan tidak kinclong lagi. Cukup banyak dari mereka para pemilik mobil yang bertanya-tanya sebenarnya bagaimana cara menghilangkan goresan pada mobil yang benar.

Untuk cara menghilangkan goresan pada mobil ini tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena bisa jadi cara yang Idotom lakukan salah dan bukan malah membuat goresan atau baret menghilang, melainkan menyebabkan masalah lain yang semakin memperparah penampilan mobil, seperti goresan bertambah, kilauan mobil menghilang dan juga mobil tampak kusam. Untuk itu, penting sekali Anda membaca sampai tuntas Artikel dari Redaksi IdOtomotif.com berikut ini yang akan membahas mengenai cara menghilangkan lecet pada mobil yang mudah.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil dengan Kompon

Sebelum mulai melakukan cara menghilangkan baret pada mobil, ada beberapa alat dan bahan untuk pemolesan yang harus Idotom siapkan. Beberapa bahan untuk menghilangkan goresan pada mobil tersebut antara lain :

  • Pengilap (Buffer)
  • Bantalan Pengilap (Buffer pad)
  • Sabun
  • Kertas ampelas 1500 dan 2000
  • Bantalan apelas (Sanding pad)
  • Kompon poles
  • Kain lap
  • Air
  • Botol semprot
  • Lilin mobil
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam dan Penyebabnya

Setelah beberapa bahan dan alat diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah langsung menerapkan langkah-langkah penghilangan goresan yang ada pada mobil Idotom. Berikut cara menghilangkan goresan pada mobil yang perlu Idotom terapkan :

Advertisements

1. Memeriksa goresan pada mobil

Langkah pertama untuk menghilangkan goresan pada mobil ini adalah dengan memeriksa terlebih dahulu goresan yang ada tersebut. Pastikan terlebih dahulu ini adalah benar-benar goresan, bukannya sesuatu yang menimbun diatas cat mobil. Kadang kalanya memang ketika mobil mengalami tubrukan atau yang lainnya, akan menimbulkan bekas yang mana itu adalah bahan dari benda lain yang lebih lembut yang akhirnya menempel pada mobil.

Jika memang benar-benar goresan, langkah selanjutnya adalah memeriksa kedalaman goresan. Umumnya mobil memiliki 4 lapisan yakni lapisan bening, warna, primer dan baja. Untuk goresan dengan kedalaman hanya sampai lapisan bening atau warna, ini masih bisa diperbaiki dengan mudah. Namun, jika sudah mencapai lapisan baja, maka hal tersebut sangat sulit untuk dihilangkan.

Untuk memulai cara menghilangkan goresan pada mobil dengan kompon ini, pastikan semua goresan pada mobil sudah ditemukan. Seluruh bagian mobil yang tersedia goresan, agar nantinya bisa dihilangkan secara bersama-sama.

2. Mempersiapkan area goresan untuk segera diatasi

Langkah berikutnya dalam cara menghilangkan goresan pada mobil ini adalah mempersiapkan area goresannya. Cuci seluruh bagian mobil terlebih dahulu agar kotoran yang menempel bisa hilang. Ini bertujuan untuk menghindari bertambahnya goresan saat melakukan pemolesan nantinya. Semprot saja menggunakan air, lalu lap menggunakan kain yang lembut.

Baca Juga :  SIM Online Jakarta, Begini Prosedur dan Mekanismenya

Selanjutnya siapkan ampelas dan bantalan ampelas, lalu mulailah pengampelasan pada area yang terdapat goresan. Lakukan secara dan hati-hati dan dengan lembut. Ini dilakukan dengan tujuan mengampelas hanya pada lapisan bening saja.

Cara pengampelasan dilakukan mengikuti arah goresan hingga mencapai bagian bawah goresan. Sesekali disiram dengan air untuk agar lebih mudah memastikan pengampelasan sudah mencapai bagian bawah goresan yang ada.
Selanjutnya bilas dan keringka menggunakan kain lap yang bersaih dan lembut. Penggunaan ini nantinya bisa memperkecil resiko bertambahnya goresan akibat kotoran yang ada.

Advertisements

3. Melakukan perbaikian atau pemolesan pada permukaan cat

Inilah langkah yang paling krusial dalam hal cara menghilangkan goresan pada mobil dengan mudah. Pertama oleskan saja kompon poles pada goresan yang ada pada permukaan cat mobil. Jangan dahulu menghidupkan pengilap atau buffer. Sebarkan kompon poles pada bagian disekitar goresan yang terkena ampelas sebelumnya menggunakan bantalan pengilap.

Setelah tersebar, baru lakukan pemolesan dengan menghidupkan pengilap atau buffer dan memoles dibagian yang terkena goresan dan area sekitarnya agar bisa lebih rata. Setting pengilap atau buffer pada kecepatan paling rendah dahulu, lalu kemudian tingkatkan kecepatannya seiring melakukan pemolesan dengan rata.

Cuci kembali bagian yang sudah dipoles tadi dengan cara menyemprotkan air bersih dan bersihkan menggunkan kain lap. Ini bertujuan untuk menghilangkan residu dari sisa kompom yang diaplikasikan tadi.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor Kering dengan Bodrex

Dan terakhir adalah memberikan lapisan lilin mobil pada bagian mobil yang diperbaiki tadi. Ini berguna untuk menutup cat sehingga tidak mudah tergores dan juga bisa untuk mengkilapkan mobil. Usahakan Idotom menggunakan lilin carnauba yang berkulitas sangat baik, agar efeknya bisa lebih terlihat pada mobil Idotom. Kalau sudah bersihkan kembali menggunakan air bersih dan lap menggunakan kain lembut.

Namun yang perlu diingat juga, jika goresan yang terdapat pada mobil idotom terlalu dalam atau luas, sebaiknya Idotom membawanya ke bengkel saja. Ini karena mereka lebih tahu bagaimana cara mengatasi goresan pada mobil yang dalam dan luas ini.

Demikian tadi informasi cara menghilangkan goresan pada mobil yang bisa kami bagikan kepada Idotom semua. Semoga informasinya bermanfaat.

Advertisements
Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Secara Alami | Idot | 4.5