Cara Pilih Velg Motor Tapak Lebar untuk Modifikasi Keren

Cara pilih velg motor – Apakah Idotom salah satu orang suka memodifikasi motor? Kalau iya, berarti Idotom sudah ada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini saya akan membahas hal yang tidak jauh dari modifikasi motor. Atau lebih jelasnya adalah cara pilih pelek motor dengan ukuran yang lebih lebar. Meskipun sederhana, tapi ternyata masih belum banyak yang tahu soal tata cara pemilihan velg motor tersebut.

Jangan sembarang memilih velg untuk motor, karena kalau tidak cocok akan membuat motor kurang nyaman ditunggangi. Selain itu, dari sisi penampilan motor juga akan terlihat tidak cukup keren. Karenanya, baca dulu sampai tuntas mengenai cara memilih velg motor tapak lebar berikut ini.

cara pilih velg motor

Cara pilih velg motor

Cara Pilih Velg Motor Tapak Lebar untuk Modifikasi Keren

Advertisements

Memodifikasi motor memiliki tujuan utama untuk mengubah tampilannya menjadi seperti yang diinginkan pemilik. Ada beberapa bagian komponen motor yang bisa diganti agar tampilannya berubah. Untuk tampilan yang lebih maco dan keren, penggantian bisa dilakukan pada bagian sokbekker depan motor, lengan ayun belakang, atau juga bagian velg atau ban. Untuk pilihan terakhir ini, Idotom bisa menggantinya dengan ukuran velg atau ban yang lebih lebar.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis

Velg atau ban yang dirubah menjadi ukuran lebih besar tentu bisa menunjang penampilan keren motor. Apalagi motor yang Idotom miliki adalah jenis motor sport, pasti akan tampak semakin maco dan keren abis. Tapi yang perlu diingat, memilih velg motor dengan ukuran lebih lebar dari standarnya tidak boleh sembarang. Idotom harus mencocokkannya terlebih dahulu dengan motor kesayangan.

Jangan sampai ketika Idotom sudah memilih, ternyata velg kurang pas pada motor. Istilah yang sering digunakan anak muda jaman sekarang adalah velg natap dengan komponen lain pada motor. Untuk lebih gampangnya simak tips-tips berikut ini:

1. Memperhatikan bahan material

Cara pilih velg motor yang pertama adalah dengan memperhatikan material yang digunakan. Pastikan Idotom memilih velg dengan mengusung material yang kokoh dan kuat. Velg dengan bobot yang ringan, juga tidak bisa dijadikan indikasi kualitasnya kurang bagus. Sekarang ini teknologi sudah canggih, ada material aluminium khusus untuk pembuatan velg yang memiliki bobot ringan namun kuat.

2. Memilih jenis velg

Selain bahan material, jenis velg motor juga perlu diperhatikan. Silahkan Idotom pilih jenis atau model velg seperti apa yang diinginkan. Ada yang bermodel jari-jari, model bintang atau yang lainnya.

Pemilihan jenis atau model velg juga sangat berpengaruh dalam hal perawatannya nanti. Jadi, pastikan pilihan yang idotom tentukan sudah tepat ya? Tapi kalau secara overall, pemilihan velg jari-jari lebih banyak diminati oleh pemodif modern sekarang ini. Apalagi untuk velg yang lebih besar dari standarnya, velg jari-jari diklaim lebih kokoh dan tampak keren.

Baca Juga :  9 Cara Melepas Stiker Motor dengan Cepat Tanpa Bekas

3. Memperhatikan kode yang tertera di velg

Cara pilih velg motor tapak lebar selanjutnya adalah dengan melihat kode yang tertera pada velg. Baik itu kode di velg standar dan juga kode di velg yang akan dipilih untuk motor. Kode yang tertera biasanya tertulis lebar velg x diameter. Lebar velg ini biasanya ditulis dengan 3 angka, sementara untuk diamternya tertulis dalam satuan inci.

Misalnya saja velg standar pada motor tertera kode 2.25 x 17, berarti velg tersebut memiliki lebar 2.25 dan berdiamter 17 inci. Jika ingin menggantinya dengan ukuran yang lebih lebar, berbarti Idotom hanya perlu memilih velg dengan 3 digit angka di depan lebih besar dari standar. Misalnya saja velg dengan kode ukuran 3.00 x 17 atau lebih besar dari itu.

4. Memperhatikan lebar lengan ayun motor

Dalam memilih velg tapak yang lebih lebar, sebaiknya perhatikan juga lebar lengan ayun motor. Jangan sampai velg yang dipilih terlalu lebar saat dipasang ban, sehingga fungsinya tidak berjalan seperti biasanya. Untuk informasi harga ban corsa R46 bisa Idotom baca lebih lanjut.

Selain lebar lengan ayun, perhatikan juga posisi dari komponen motor lainnya. Apakah velg bisa terpasang dengan pas atau tidak. Jika memang kurang pas atau kelebaran, maka Idotom bisa memilih velg dengan ukuran lebih yang lebih kecil dari yang sudah dipilih tadi.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Agar Bersih dan Tidak Bau

Kesimpulan

Dalam cara pilih velg motor tapak lebar, hal yang harus diperhatikan pertama adalah kode yang tertera di velg. Pastikan 3 digit angka yang tertera dibagian depan lebih besar dari 3 digit angka yang tertera di velg standar. Selain itu, pastikan juga velg terpasang dengan nyaman dan pas pada motor.

Cara Pilih Velg Motor Tapak Lebar untuk Modifikasi Keren | Idot | 4.5