Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim Update Tahun 2018

Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Jatim – Di Jaman sekarang ini, dunia teknologi sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Semua hal yang dirasa cukup sulit untuk dilakukan, sekarang sudah bisa dikerjakan dan dilakukan dengan mudahnya menggunakan teknologi terbaru yang diciptakan saat ini. Sebagai contohnya saja smartphone. Kita sudah bisa melakukan apapun menggunakan alat teknologi pintar satu ini. Jika dulunya handphone hanya bisa digunakan untuk telephone dan SMS, sekarang ini dengan smartphone sudah bisa melakukan banyak hal. Mulai dari bermain game, berbelanja, membayar kreditan, transaksi online, dan lain sebagainya.

Menanggapi kemodernitasan ini, pemerintah juga mulai menyesuaikan diri dengan juga menghadirkan berbagai layanan masyarakat berbasis online. Berkat adanya internet yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja, membuat apapun bisa dilakukan dengan lebih efisien dan mudah. Salah satunya yang saat ini sudah mulai mengembangkan sistem online adalah SAMSAT atau yang memiliki kepanjangan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang meliputi, Dinas Pendapatan daerah, Polisi Republik Indonesia, dan Jasa Raharja.

SAMSAT ini sendiri adalah badan yang berwenang menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau yang sering disingkat STNK untuk kendaraan, seperti motor, mobil, dan lain sebagainya. Nah, untuk pemilik kendaraan bermotor diwajibkan melakukan pembayaran pajak kendaraannya dengan rentang waktu 1 tahun sekali, bersamaan dengan perpanjangan STNK. Nah, untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ini sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Tidak hanya mudah, hal ini nyatanya bisa menghemat waktu Idotom.

Baca Juga :  Tips Mudah untuk Lolos Tes Teori SIM C Terbaru 2018

Tetapi, yang menjadi poko pembahasan disini bukanlah pembayaran pajak kendaraan secara online, melainkan cara cek pajak kendaraan bermotor. Tak seperti dulu, sekarang ini kita sudah bisa mengetahui besaran serta jatuh tempo pajak kendaraan yang harus kita bayar. Beberapa kota besar sudah menerapkan sistem online ini, salah satunya adalah Samsat Jawa Timur. Melalui website resmi Dispenda Jawa Timur, kita sudah bisa melakukan cek pajak kendaraan Jatim dengan mudah dan cepat. Cek pajak kendaraan Jatim secara online ini tak hanya memberikan informasi secara tepat dan lengkap, tetapi juga sangat mudah, efisien dan bisa dilakukan dimana saja, serta kapan saja.

Advertisements
Cek Pajak Kendaraan Jatim

Cek Pajak Kendaraan Jatim

Cek Pajak Kendaraan Jatim Secara Online

Khususnya untuk Idotom yang berdomisili di Jawa Timur atau kendaraan yang beridentitas Jawa Timur, dengan memanfaatkan sistem cek Pajak Kendaraan Jatim secara online ini tentu akan lebih mempermudah Idotom. Tak hanya itu saja, informasi lengkap mengenai identitas kendaraan yang dicek juga bisa Idotom dapatkan. Kita hanya membutuhkan Nomor Polisi Kendaraan bermotor kita, kemudian melakukan pengecekan. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk cek Nopol kendaraan valid atau tidaknya. Berikut cara cek pajak kendaraan Jatim yang juga bisa Idotom terapkan :

  • Pertama kunjungi situs resmi Dispenda Jawa timur untuk cek pajak kendaraan Jatim disini >> http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  • Setelah itu, catatkan nomor polisi kendaraan Idotom pada kolom yang sudah disediakan.
  • Masukkan kode verifikasinya pada kolom yang sudah disediakan pula.
  • Terakhir klik “cari” Disini akan ditampilkan secara jelas mengenai identitas kendaraan yang Idotom cek. Mulai dari warna, tanggal masa laku, model, merk, type, tahun produksi, biaya PKB, biaya jasa raharja, biaya parkir, biaya pengesahan STNK dan biaya perpanjangan STNK 5 tahunan.
Cek Pajak Kendaraan Jatim

Contoh hasil cek pajak kendaraan Jatim

Sangat mudah bukan cara melakukan cek pahak kendaraan Jatim yang Redaksi IdOtomotif.com sajikan diatas? Oh ya, cara diatas juga bisa digunakan untuk cek Nopol kendaraan Anda.

Baca Juga :  7 Perbedaan Vario 125 dan 150 dari Segi Bodi dan Performanya

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements
Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim Update Tahun 2018 | Idot | 4.5