Cara Cek Plat Nomor Jakarta Secara Online yang Mudah

Advertisements

Cek Plat Nomor JakartaPlat nomor pada sebuah kendaraan bermotor adalah salah satu identitas fisik yang membedakannya dengan kendaraan lain sejenisnya. Dengan adanya plat nomor ini kita bisa mengetahui siapa pemilik sah dari kendaraan tersebut. Setiap plat nomor yang ada pada sebuah kendaraan ini memang dirancang berbeda satu sama lainnya. Biasanya memang menggunakan kombinasi angka dan huruf, dan juga ada kode khusus yang mana setiap wilayah berbeda-beda kodenya tersebut. Untuk Jakarta sendiri misalnya, memiliki kode plat B. Jika memang Idotom menemukan sebuah kendaraan dengan kode plat B di depannya, maka bisa dipastikan kendaraan tersebut adalah beridentitas di Jakarta.

Nah, kadang kalanya saat kita akan membeli sebuah kendaraan bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kelengkapan surat-surat sebagai bukti valid atas kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Untuk mencocokkannya biasanya seseorang akan melakukan pengecekan kepemilikan asli dari kendaraan tersebut di POLDA tempat motor tersebut diterbitkan.

Ternyata ini cukup membuang-buang banyak waktu, karena sekarang sudah ada yang namanya internet, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk juga untuk cek nopol kendaraan untuk memastikan kepemilikannya ini.

Cek Plat Nomor Jakarta

Cara Cek Plat Nomor Jakarta

Cara Cek Plat Nomor Jakarta Secara Online yang Mudah

Mungkin sebagian dari Idotom masih belum mengetahui bahwasnnya cek nopol kendaraan untuk mengetahui identitas lengkap kendaraan secara online ini bisa dilakukan dengan mudahnya. Padahal aktifitas ini sangat penting untuk dilakukan saat memang akan membeli sebuah motor bekas. Cek plat nomor kendaraan juga akan meminimalisir tindak penipuan yang biasanya memalsukan identitas kendaraan, seperti nomor polisi, STNK dan BPKB kendaraan. Nah, dengan melakukan pengecekan ini, maka Anda bisa mengetahui secara pasti identitas kendaraan. Anda bisa mencocokkannya dengan identitas yang diberikan oleh si penjual.

Advertisements

Khsususnya untuk kendaraan yang berdomisili Jakarta juga sanga mudah untuk di cek secara online. Cara cek plat nomor Jakarta ini bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi Polda Metro jaya Jakarta. Tak hanya untuk mengetahui identitas kendaraan saja, disini juga akan dimunculkan beberapa informasi lain terkait kendaraan tersebut, seperti biaya pajak yang harus ditanggung, tanggal jatuh tempo pajak, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Kerja Rem Cakram Pada Motor dan Mobil

Daripada harus berlama-lama lagi, berikut ini cara cek plat nomor Jakarta secara online yang bisa Anda lakukan :

  • Pastikan dulu smartphone atau PC Anda sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Jika sudah, maka langsung saja kunjungi situs resmi cek plat nomor Jakarta disini >> http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  • Setelah muncul tampilan halamannya, langsung saja masukkan 5 kode digit yang tersedia. Kemudian klik “Proses”.
  • Selanjutnya Idotom akan dimunculkan halaman baru untuk memasukkan nomor polisi kendaraan.
  • Masukkan saja nopol kendaraannya, lalu klik “Proses”.
  • Selesai. Disini Idotom akan melihat beberapa informasi mengenai kendaraan tersebut, seperti Jenis dan merek kendaraan, model, tahun produksi, warna, cc mesin, bahan bakar, plat dasar, masa pajak dan masa STNK.

Selain melakukan cek plat nomor jakarta melalui website diatas, ada cara lain untuk melakukan pengecekan ini yakni melalui SMS. Untuk cara cek plat nomor Jakarta melalui SMS ini adalah sebagai berikut :

  • Kirimkan SMS dengan format : METRO(Spasi)Nomor Polisi
  • Lalu, kirim SMS tersebu ke nomor 1717
  • Sebagai contohnya, misalkan nomor kendaraa adalah B 1234 DC, maka formatnya adalah METRO B1234DC kirim ke 1717.

Cukup mudah bukan cara cek plat nomor Jakarta secara online dan melalui SMS diatas? Ya, sekarang Idotom sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk harus pergi ke POLDA hanya untuk memastikan keaslian identitas kepemilikan dari sebuah kendaraan. Demikian informasi yang bisa Redaksi IdOtomotif.com bagikan untuk Idotom, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Daftar Sepeda Listrik Murah Hanya 2 Juta Rupiah

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements
Cara Cek Plat Nomor Jakarta Secara Online yang Mudah | Idot | 4.5