Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Bermotor dengan Mudah

Advertisements

Cek Plat Nomor – Kendaraan bermotor memang sudah sepatutnya memiliki identitas yang lengkap sebagai bukti kongkrit atas kepemilikannya dan juga untuk legalitas dari kendaraan tersebut. Kendaraan bermotor ini sendiri biasanya dilengkapi dengan surat-surat yang lengkap, seperti BPKB, STNK, pajak dan juga plat nomor polisi. Namun, untuk pembahasan pada artikel kali ini tim Redaksi IdOtomotif.com akan menjelaskan kepada Idotom semua hanya mengenai plat nomor polisi kendaraan.

Nah, plat nomor polisi kendaraan ini sendiri merupakan wujud fisik yang bertujuan untuk membedakan kendaraan tersebut dengan kendaraan lain sejenisnya. Selain itu, plat nomor juga menjadi salah tanda atas kepemilikan sah dari kendaraan tersebut. Biasanya dalam surat-surat akan tertera nama pemilik sah beserta dengan plat nomor polisi dari kendaraan tersebut.

Mungkin sebagian dari idotom saat ini sedang akan membeli sebuah kendaraan bekas. Nah, cek plat nomor ini sangat penting untuk dilakukan untuk memastikan atas kepemilikan dari kendaraan tersebut. Jangan sampai Anda membeli sebuah kendaraan dari hasil curian.

Cek Plat Nomor

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Cara Cek Plat Nomor dan Pemilik yang Sah

Di jaman sekarang ini memang cukup marak kasus pemalsuan BPKB dan STNK sebuah kendaraan bermotor. Bisa jadi hal tersebut adalah karena kendaraan yang akan dijual tersebut adalah hasil curian. Hal ini haruslah kita waspadai, jika memang Idotom semua tidak mau tertipu akan hal ini. Dan salah satu cara untuk cek nama pemilik plat nomor kendaraan bermotor ini adalah dengan pergi ke Samsat dimana BPKB dan STNK dari kendaraan tersebut diterbitkan. Namun, untuk dijaman yang serba modern ini, ada cara yang lebih sederhana untuk cara cek plat nomor atas nama siapa yang sebenarnya yakni melalui SMS atau secara online.

Advertisements

Dengan cara ini tentunya cek plat nomor kendaraan bisa Anda lakukan dengan sangat mudahnya, tanpa harus mengantri dan susah payah pergi ke kantor Samsat. Setidaknya memang ada 2 cara untuk cek plat nomor polisi pada sebuah kendaraan ini yaitu melalui website resminya dan juga melalui SMS.

Baca Juga :  Review Honda CBR250R Millenium Red, Spesifikasi dan Harga

Untuk cara cek plat nomor Via SMS cukup mudah sekali. Kita hanya perlu mengetikkan kode setiap polda dan nomor plat, lalu mengirimkannya ke nomor tertentu. Sementara untuk cara cek nomor plat nomor online, kita hanya perlu mengunjungi situs tertentu lalu masukkan nomor polisinya. Disana akan ditunjukkan beberapa informasi penting terkait identitas dari kendaraan tersebut. Namun untuk lebih jelasnya, berikut cara cek plat nomor kendaraan bermotor online dan SMS.

Cara Cek Plat Nomor Via SMS

Untuk saat ini hanya beberapa provinsi saja yang memungkinkan untuk penduduknya melakukan cek plat nomor kendaraan melalui SMS. Sedikitnya ada 6 provinsi saja yang menerapkan fasilitas tersebut, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Kepulauan RIAU. Berikut format SMS dan nomor tujuan untuk cek plat nomor lewat SMS yang bisa Idotom terapkan.

1. Cek Plat Nomor Jakarta – Polda Metro Jaya (Plat B)

Format SMS : METRO(Spaasi)Nomor Polisi Kirim ke nomor 1717

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi B 1234 BC, maka format SMS-nya adalah METRO B1234BC dan kirim ke 1717.

Advertisements

2. Cek Plat Nomor Jawa Timur – Polda Jatim (Plat AG, L, M, N, S, P, AE, dan W)

Format SMS : JATIM(Spasi)Nomor Polisi Kirim ke nomor 7070

Baca Juga :  7 Motor Harley Davidson Termahal di Dunia Update 2018

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi L 1234 BC, maka format SMS-nya adalah JATIM L1234BC dan kirim ke 7070.

3. Cek Plat Nomor Jawa Tengah – Polda Jateng (Plat G, H, K, R, AA, dan AD)

Format SMS : JATENG(Spasi)Nomor Polisi kirim ke nomor 9600

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi H 1234 BC, maka format SMS-nya adalah JATENG H1234BC dan kirim ke 9600.

4. Cek Plat Nomor Jawa Barat – Polda Jabar (Plat D, E, F, T, dan Z)

Format SMS : Poldajbr(Spasi)Nomor Polisi kirim ke nomor 3977

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi E 1234 BC, maka format SMS-nya adalah Poldajbr E1234BC dan kirim ke 3977.

5. Cek Plat Nomor Jogja – Polda DIY (Plat AB)

Format SMS : DIY(Spasi)Nomor Polisi kirim ke 9600

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi AB 1234 BC, maka format SMS-nya adalah DIY AB1234BC dan kirim ke 9600.

6. Cek Plat Nomor Kepulauan RIAU – Polda Kepri (Plat BP)

Format SMS : KEPRI(Spasi)Nomor Polisi kirim ke nomor 9969

Contoh :

Misalkan saja Idotom ingin mengecek Nomor Polisi BP 1234 BC, maka format SMS-nya adalah KEPRI BP1234BC dan kirim ke 9969.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via internet

Selain melalui SMS seperti diatas, kita juga bisa mengecek plat nomor dan pemilik sahnya melalui website resmi yang disediakan oleh beberapa daerah. Berikut informasi selengkapnya untuk idotom semua.

Baca Juga :  Cara Menghitung Pajak Progresif Motor Update 2018

1. Untuk daerah DKI Jakarta

Silahkan kunjungi website resminya dengan mengklik link ini : http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM

Kunjungi dan masukkan nomor polisi kendaraan yang ingin Anda ketahui informasinya, lalu klik proses. Nantinya Idotom akan ditunjukkan jenis dan merek kendaraan, tahun produksi, status pajak dan jatuh temponya.

2. Untuk daerah Jawa Timur

Silahkan Idotom kunjungi website resmi Polda Jatim disini : http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

Masukkan nomor polisi kendaraan yang ingin Idotom cek dan masukkan juga kode verifikasinya juga, lalu klik cari. Disini akan ditampilkan informasi lengkap mengenai identitas kendaraan dengan plat nomor tersebut.

3. Untuk daerah Jawa tengah

Seilahkan Idotom kunjungi website resminya disini : http://bppd.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

Masukkan nomor polisi kendaraan yang ingin Idotom cek identitasnya dan masukkan juga NIK, lalu klik kirim. Disini akan langsung muncul informasi lengkap seputar kendaraan denga plat nomor tersebut, beserta informasi pajaknya.

Setelah melihat beberapa ulasan mengenai cara cek plat nomor kendaraan diatas, kini idotom sudah bisa melacak pemilik asli kendaraan dari plat nomornya. Cukup mudah dan tidak akan membuang-buang waktu Idotom tentunya. Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

Advertisements
Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Bermotor dengan Mudah | Idot | 4.5