7 Efek Samping Motor Pakai Pertamax yang Jarang Orang Tahu

Efek samping motor pakai pertamax – Pertamax merupakan jenis bahan bakar terbaik yang memiliki nilai oktan 92. Dengan nilai oktan sebesar itu, menandakan bahan bakar tersebut dilengkapi dengan aditif pembersih dan baik untuk mesin motor. Penggunaan pertamax untuk motor pastinya memiliki efek samping tersendiri. Baik itu efek samping positif dan juga negatif. Semua tergantung pengguna melihatnya dari sudut pandang yang mana. Dan juga tergantung jenis motor yang dimiliki oleh pengguna.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tuntang mengenai efek samping motor pake pertamax yang tidak banyak orang tahu. Tidak hanya efek samping positif pertamax untuk motor, tapi juga efek samping negatifnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

efek samping motor pakai pertamax

Efek samping motor pakai pertamax

7 Efek Samping Motor Pakai Pertamax yang Jarang Orang Tahu

Advertisements

Seiring berkembangnya jaman, motor seakan menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat kita. Tidak hanya kalangan menengah ke atas, kalangan masyarakat bawah pun umumnya juga sudah memiliki setidaknya satu motor. Kebutuhan akan motor semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. Ini tidak luput dari harga sebuah motor yang semakin terjangkau bagi masyarakat.

Motor tidak akan bisa dikendarai tentunya tanpa penggunaan bahan bakar. Motor keluaran baru sekarang ini umumnya mengusung mesin lebih canggih dan butuh perhatian khusus. Misalnya saja kewajiban untuk penggunaan bahan bakar bernilai oktan tinggi. Saat ini setidaknya ada 3 jenis bahan bakar beroktan tinggi, yakni Pertamax dengan RON 92, Pertamax Plus dengan RON 95 dan Pertamax Turbo dengan RON 98. Kelebihan pertamax turbo bisa Idotom baca sebagai pertimbangan.

Baca Juga :  Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet

Kali ini yang akan dibahas hanyalah bahan bakar pertamax, yakni efek sampingnya untuk motor. Mengetahui efek samping motor pakai pertamax bisa dijadikan pertimbangan untuk Idotom ketika akan menggunakannya.

Efek samping motor pakai pertamax – efek positif

Dengan nilai oktan yang cukup tinggi, sudah pasti bahan bakar pertamax memiliki banyak keunggulan. Dan ketika digunakan pada motor tentunya akan memberikan efek terbaik, baik dari segi performa ataupun keawetan pada komponen mesin motor. Selengkapnya efek samping motor pakau pertamax RON 92, sebagai berikut:

  1. Motor lebih bertenaga

Efek samping pertamax pada motor yang pertama adalah membuat performa motor menjadi lebih sempurna. Hasilnya motor akan terasa lebih bertenaga saat dipacu di jalanan, lebih singkat mencapai kecepatan tertinggi. Apalagi untuk motor yang mengusung teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) atau Catalytic Converters, akan lebih sempurna performanya. Motor dengan teknologi tersebut bahkan sangat direkomendasikan menggunakan pertamax oleh pabrikan.

  1. Sistem pembakaran lebih sempurna

Efek samping pertamax yang satu ini masih berkaitan dengan efek di atas. Pembakaran yang lebih sempurna di mesin, tentu akan membuat motor lebih bertenaga dalam hal performa. Ini karena pertamax memang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan bahan bakar premium. Bisa dilihat dari selisih harga dari kedua jenis bahan bakar tersebut yang beda jauh. Pembakaran yang lebih sempurna juga akan mencegah berbagai masalah pada motor, seperti karburator banjir, motor berasap putih dan lain sebagainya.

  1. Gas buang motor lebih ramah lingkungan

Pertamax dirancang khusus agar hasil pembakaran dari mesin motor lebih bersih dibandingkan dengan jenis premium. Ini dikarenakan nilai oktan yang lebih tinggi dan juga zat aditif lebih banyak. Karena itulah sangat direkomendasikan bagi pengendara untuk memilih pertamax bagi motornya.

Baca Juga :  Tips Mudah untuk Lolos Tes Teori SIM C Terbaru 2018

Apalagi motor modern sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang cukup ramah lingkungan. Penggunaan bahan bakar pertamax akan semakin membuatnya menjauhkan lingkungan dari pencemaran polusi.

  1. Komponen mesin lebih awet

Efek samping motor pakai pertamax berikutnya adalah membuat komponen mesin motor lebih awet. Mesin akan lebih enteng dalam melakukan pembakaran, sehingga secara otomatis membuatnya lebih awet dibandingkan penggunaan jenis premium. Mengetahui hal ini, masih ragu menggunakan bahan bakar pertamax untuk motor kesayangan?

Efek samping motor pake pertamax – efek negatif

Merupakan jenis bahan bakar berkualitas tinggi dengan nilai oktan 92, tentu sangat sulit untuk menemukan efek negatifnya pada motor. Tapi ternyata jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, efek negatif pertamax bisa kita temukan. Setidaknya ada 3 efek negatif motor pakai pertamax menurut riset yang saya lakukan, antara lain:

  1. Tangki bahan bakar bisa menipis

Efek negatif motor pakai pertamax yang pertama adalah bisa menyebabkan bagian tangki bahan bakar menipis secara berangsur-angsur. Alasannya karena bahan bakar pertamax mengandung zat aditif yang lebih banyak dibandingkan jenis premium. Selain itu, juga karena RON dari pertamax yang cukup tinggi. Inilah salah satu kelemahan pertamax oktan 92 yang bisa kita temukan.

  1. Proses pembakaran kurang optimal

Maksutnya disini adalah jika pertamax digunakan pada motor jadul yang notabenenya dirancang khusus untuk bahan bakar bernilai oktan rendah dan juga berkompresi rendah. Motor yang direkomendasikan menggunakan pertamax adalah motor keluaran tahun 1990 ke atas. Atau juga motor yang sudah mengusung teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan juga Catalytic Converters.

  1. Menguras isi dompet

Seperti yang kita tahu, bahan bakar pertamax harganya lebih mahal dibandingkan jenis premium ataupun pertalite. Hal ini tentunya akan membuat pengeluaran pengguna lebih besar dibandingkan saat menggunakan bahan bakar premium atau pertalite. Meskipun demikian, hal ini tidak akan berpengaruh besar pada motor.

Baca Juga :  Harga Honda HRV Bekas di Indonesia Terbaru Update 2018

Namun, jika motor yang sebelumnya menggunakan bahan bakar jenis pertamax lalu berpindah ke jenis premium atau pertalite, tentu ini akan memiliki dampak tersendiri. Apalagi ketika Idotom justru mencapur pertamax dengan premium atau pertalite, maka ini akan menyebabkan efek tersendiri pada motor.

Kesimpulan

Sejatinya bahan bakar jenis pertamax memiliki kualitas terbaik sehingga akan memberikan efek sempurna pada motor. Misalnya saja mesin yang lebih bertenaga, pembakaran yang lebih sempurna, lebih ramah lingkungan hingga membuat komponen mesin lebih awet. Mengenai efek negatif pertamax tentu tidak menjadi masalah serius. Tergantung kondisi ekonomi masing-masing orang, apakah tidak terganggu dengan penggunaan pertamax atau sebaliknya.

7 Efek Samping Motor Pakai Pertamax yang Jarang Orang Tahu | Idot | 4.5