Cara Hilangkan Rem Berdecit dengan Alkohol dan Sabun Colek

Hilangkan Rem Berdecit dengan Alkohol dan Sabun Colek – Motor tidak selamanya dalam kondisi baik, terkadang juga mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna adalah rem berdecit layaknya suara tikus. Hal ini sering terjadi pada motor yang mengusung rem cakram, yang tentunya sangat mengganggu pengendara. Cara menghilangkan bunyi berdecit pada rem cakaram sebenarnya cukup mudah. Kita hanya memerlukan setidaknya bahan utama yakni alkohol dan sabun colek.

Kedua bahan tersebut ketika dikombinasikan akan mampu menghilangkan suara tikus di rem cakram. Penasaran bagaimana cara hilangkan rem berdecit dengan alkohol dan sabun colek? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

hilangkan rem berdecit dengan alkohol dan sabun colek

Cara Hilangkan Rem Berdecit dengan Alkohol dan Sabun Colek

Advertisements

Mungkin Idotom masih bertaranya-tanya, ampuhkan cara hilangkan rem berdecit dengan alkohol dan sabun colek? Sekilas memang agaka aneh, tapi cara ini memang benar-benar ampuh. Tidak perlu step yang rumit, bagi pemula pun bisa melakukannya dengan mudah. Rem cakram berdecit pun bisa dihilangkan dan tidak akan lagi mengganggu.

Sebelum lanjut ke langkah-langkah untuk hilangkan rem berdecit dengan alkohol dan sabun colek, ketahui terlebih dahulu penyebab rem cakram berdecit tersebut.

Baca Juga :  Yamaha Fino Vs Honda Scoopy, Mana yang Lebih Unggul?

Penyebab rem berdecit seperti suara tikus

  • Debu atau kotoran yang menempel di piringan rem
  • Kotoran dari kampas rem
  • Oli yang biasanya sering disiramkan pada piringan rem
  • Minyak rem
  • Oli sokbreker

Dari beberapa penyebab bunyi berdecit pada rem cakram di atas, cukup rasional untuk memanfaatkan sabun colek dan alkohol untuk membersihkannya. Seperti yang kita tahu, sabun colek memilih kemampuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di piringan rem. Sementara untuk alkoholnya sendiri mampu mengangkat kotoran yang membandel sekalipun. Kombinasi keduanya akan sangat ampuh untuk membersihkan piringan dan menghilang bunyi tikus di rem cakram.

Lanjut ke cara menghilangkan bunyi berdecit pada rem cakram dengan alkohol dan sabun colek. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan melepas piringan rem dari motor. Pastikan Idotom melepaskannya secara perlahan dan melakukan sesuai prosedur.
  2. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu bak yang berisi air bersih, sabun colek secukupnya dan alkohol.
  3. Siram terlebih dahulu piringan rem dengan air, kemudian bersihkan menggunakan sabun colek. Ini bertujuan untuk mengangkat minyak yang biasanya memang susah hilang.
  4. Gunakan juga alkohol secukupnya untuk mengangkat kotoran yang menempel kuat di piringan rem.
  5. Siram kembali dengan air bersih hingga sisa sabun dan alkohol menghilang.
  6. Jika dirasa belum terlalu bersih, lakukan lagi langkah 3-5 hingga piringan rem benar-benar bersih.
  7. Siapkan lap bersih dan lapkan pada piringan rem yang sudah dibersihkan tadi.
  8. Sebelum memasangnya kembali pada motor, bersihkan juga kampas rem dan kalipernya. Caranya cukup mudah, yakni dengan memanfaatkan angin dari kompresor. Hal ini dilakukan untuk mecegah bunyi berdecit pada rem tidak kambuh lagi.
  9. Pasang kembali pada motor. Hasilnya bunyi berdecit pada rem akan hilang.
Baca Juga :  Inilah Cara Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor

Bagaimana? Mudah bukan cara hilangkan rem berdecit dengan alkohol dan sabun colek di atas? Agar rem tidak menimbulkan bunyi berdecit lagi, sebaiknya lakukan perawatan rem cakram secara baik dan benar. Ketahui juga cara kerja rem cakram untuk memperluas pengetahuan Idotom.

Cara Perawatan Rem Agar Tidak Menimbulkan Bunyi Berdecit

Sama seperti komponen motor lainnya, rem juga butuh yang namanya perawatan secara rutin. Perawatan dibutuhkan agar performa rem tetap stabil. Jika tidak, maka tidak heran rem akan sering mengalami masalah. Salah satunya adalah bunyi berdecit ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bunyi berdecit pada rem disebabkan oleh kotoran, oli atau juga minyak. Karena itulah, cara perawatan paling utama pada rem adalah dengan rutin membersihkannya. Jangan sampai piringan rem terdapat kotoran, minyak atau juga oli.

Selain pada piringan, perawatan pada bagian kampas rem juga perlu dilakukan. Pada beberapa kasus, rem berdecit ini juga bisa disebabkan oleh kampas rem. Perhatikan minyak dari kampas atau kotorannya agar tidak merembet ke bagian piringan rem sehingga menimbulkan bunyi berdecit.

Pada kasus lainnya juga, bunyi berdecit pada rem juga terjadi saat motor sering dipacu saat hujan. Hal ini memang wajar terjadi, dikarenakan kandungan air hujan yang berbeda dengan air biasa. Untuk mencegahnya, sebaiknya motor langsung disiram atau dibersihkan menggunakan air biasa jika memang kehujanan.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor yang Soak dan Penyebabnya

Kesimpulan

Rem berdecit secara umum disebabkan oleh kotoran, oli dan minyak. Dan untuk menghilangkannya bisa menggunakan sabun colek dan juga alkohol. Ini karena kemampuan kedua bahan tersebut untuk mengangkat kotoran dan juga minyak. Agar tidak menimbulkan bunyi berdecit lagi, sebaiknya Idotom melakukan pembersihan piringan dan kampas rem secara rutin.

Cara Hilangkan Rem Berdecit dengan Alkohol dan Sabun Colek | Idot | 4.5