3 Jenis Velg Motor yang Sering Digunakan dan Fungsinya

IDOtomotif – Sebagai pecinta motor, mengetahui jenis jenis velg motor adalah penting. Karena ini sangat berguna nantinya saat Idotom akan melakukan yang namanya modifikasi. Modifikasi sering dilakukan untuk umumnya untuk mengubah penampilan motor agar menjadi lebih keren. Tapi untuk penggantian velg, sebaiknya Idotom ketahui juga beberapa fungsi dari setiap jenis velg sepeda motor yang ada saat ini. Sesuaikan pemilihan velg motor dengan aktivitas yang akan sering dilakukan dengan motor tersebut.

Mungkin sebagian dari Idotom masih belum terlalu paham mengenai jenis atau macam-macam velg motor. Apalagi fungsi dari masing-masing velg motor itu sendiri. Karena itulah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan hal tersebut. Disini juga akan saya bahas bagaimana cara atau tips memilih jenis velg sepeda motor yang baik dan benar sesuai fungsinya. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Jenis Velg Motor

Jenis-jenis Velg Motor dan Fungsinya Masing-masing

Advertisements

Jenis velg motor ini setidaknya ada 3 macam yang sering digunakan di Indonesia. Dari ketiganya tersebut, velg jari-jari adalah yang paling sering dipilih pada pemodif. Penggunaannya tidak hanya kuat, tapi juga memberikan tampilan yang lebih keren. Selain velg jari-jari, masih ada lagi jenis velg untuk sepeda motor, antara lain:

Baca Juga :  Pengertian Torsi dan Fungsinya Pada Motor

1. Velg Spoke Wheel (SW) / Velg Jari-jari

Jenis velg motor yang pertama ini sering disebut juga dengan velg besi. Tampilannya memang terkesan jadul, tapi ternyata masih cocok dipasangkan pada motor modern sekarang ini. Velg jari-jari diklaim sangat kuat dan kokoh, dan mampu memberikan tampilan keren pada motor modifikasi.

Kelebihan dari velg spoke wheel atau jari-jari ini adalah mampu meredam getaran saat motor dipacu di jalanan tidak rata. Karena kelebihan tersebut, velg jenis ini sering digunakan pada motor adventure. Meskipun demikian, tidak ada salahnya juga jenis velg ini digunakan pada motor untuk kegiatan sehari-hari.

2. Velg Casting Wheel (CW) / Velg Racing (Velg Palang)

Cukup banyak sebutan untuk jenis velg yang satu ini, namun lebih sering dikenal dengan velg CW. Kebanyakan motor keluaran baru sekarang ini menggunakan jenis velg casting wheel atau velg palang. Tampilannya tampak lebih modern dibandingkan velg jari-jari. Modelnya palangnya pun cukup beragam, biasanya disesuaikan dengan look dari motor itu sendiri.

Penggunaan pelek palang ini memang sering digunakan untuk motor balapan atau racing, sesuai namanya. Selain itu, jenis velg ini juga sangat nyaman saat digunakan untuk perjalanan jauh. Sebaliknya, velg palang atau CW ini kurang cocok digunakan untuk motor yang sering dipacu dijalanan tidak rata.

Jika dipaksakan, biasanya jenis velg ini akan mengalami bengkok. Dan jika sudah begini, akan sangat sulit untuk dikembalikan ke bentuk semula lagi. Tidak seperti velg jari-jari yang masih bisa diperbaiki meskipun sudah bengkok.

Baca Juga :  3 Cara Memotong Rantai Motor Tanpa Melepasnya dari Gir

3. Velg Aluminium

Dan jenis velg motor yang terakhir adalah velg aluminium atau velg modern. Ya, velg jenis ini merupakan velg keluaran terbaru. Merupakan penyempurnaan dari jenis velg yang ada sebelumnya. Sesuai namanya, jenis pelek ini dibuat dari material aluminium yang ringan namun kokoh. Biasanya velg aluminium ini menggunakan rangka-rangka penyangga seperti velg jari-jari.

Velg aluminium biasanya juga tersedia dalam berbagai varian warna, sehingga mempu membuat motor tampil beda. Tidak heran banyak pemodif yang cukup tertarik dengan jenis velg satu ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, velg ini memiliki bobot cukup ringan namun kuat. Karena bobotnya yang ringan tersebut, hal ini akan membuat motor mampu mencapai top speed dan akselerasi memuaskan. Satu lagi kelebihannya, velg aluminium tahan terhadap karat dan mudah dalam hal perawatannya.

Tips Memilih Jenis Velg Motor yang Baik dan Benar

Dalam memilih jenis velg untuk sepeda motor, Idotom tidak boleh sembarangan. Jangan hanya mementingkan tampilannya saja, melainkan juga fungsi dari masing-masing velg tersebut. Dengan begitu, motor akan lebih nyaman ditunggangi dan bisa memberikan performa terbaik. Mengenai cara pilih velg motor tersebut, antara lain:

  • Jika motor sering dipacu dijalanan tidak rata, sebaiknya Idotom memilih jenis velg spoke wheel atau velg jari-jari. Ini karena jenis velg tersebut mampu meredam getaran ketika jalanan berlubang atau tidak rata.
  • Jika motor sering digunakan untuk perjalanan jauh dan dijalanan aspal yang rata, jenis velg casting wheel atau velg palang adalah pilihan terbaiknya.
  • Untuk perawatan velg yang lebih mudah, velg CW memang lebih unggul. Namun untuk perbaikan karena terjadi velg bengkok, jenis velg SW nampaknya lebih mudah dibetulkan.
  • Jika Idotom lebih menginginkan velg berbobot ringan, kuat, kokoh, serta membuat performa akselerasi motor lebih baik, jenis velg aluminium adalah pilihan paling tepat.
Baca Juga :  Inilah Cara Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor

Kesimpulan

Jadi, jenis velg sepeda motor yang sering digunakan di Indonesia ada 3 macam, yakni velg spoke wheel atau velg jari-jari atau velg besi, velg casting wheel atau velg racing atau velg palang, dan juga velg aluminium. Ketiganya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Idotom bisa memilih salah satu dari ketiganya dengan menyesuaikan dengan kegiatan sehari-hari bersama motor.

3 Jenis Velg Motor yang Sering Digunakan dan Fungsinya | Idot | 4.5