Kelebihan dan Kelemahan Viar Cross X 250 SE

Advertisements

Viar 250 SE 2018 – Viar Cross X 250 SE memang menjadi salah satu pilihan favorit bagi banyak pecinta motor trail saat ini. Performa yang lebih bertenaga, juga dengan spesifikasi tangguh menjadi alasan kenapa harus memilih Viar Cross X 250 SE ini. Jika dibandingkan dengan beberapa motor trail dari brand lainnya, seperti kawasaki dan Honda rasanya motor trail besutan Viar ini masih bisa diandalkan. Bahkan beberapa hasil test ride Viar 250 SE membuktikan performa yang lebih bertenaga dan diluar ekspektasi. Jadi tidak perlu diragukan lagi untuk masalah tenaga yang dihasilkannya saat dipacu di medan dengan berbagai tipe.

Salah satu test ride Viar Cross X 250 SE ini dilakukan medan lautan pasir Bromo, menunjukkan betapad tangguhnya performa mesin yang dihasilkannya dengan torsi yang dikeluarkan cukup rapat. Membautnya mampu melibas semua medan, seperti tanjakan, turunan, medan pasri hingga bebatuan terjal.

Namun demikian, masih banyak kelebihan lain yang bisa didapat dari Viar Cross X 250 SE 2017 ini. Selain kelebihan, tentunya masih ada saja kekurangan yang dimiliki oleh semua kendaraan, termasuk juga kelemahan Viar Cross X 250 SE ini. Tetapi untuk mengetahui lebih jelas mengenai kelebihan dan kelemahan Viar Cross X 250 SE, silahkan Idotom simak ulasannya dibawah ini.

Kelebihan Viar Cross X 250 SE Melalui Test Ride

Viar Cross X 250 SE

Test Ride Viar Cross X 250 SE

Adapun kelebihan Viar Cross X 250 SE yang paling menonjol adalah pada performa tangguhnya saat dibawa melewati berbagai medan. Motor besutan Viar ini mampu melibasnya dengan sangat lancar dan cepat, sangat cocok sekali menjadi pilihan para rider sejati. Namun untuk lebih jelasnya, Redaksi IdOtomotif.com sudah merangkumnya untuk Idotom semua agar lebih mudah memahami.

Advertisements

Penampilan motor Viar Cross X 250 SE

Dari segi penampilannya, Viar 250 SE ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kesan gagah dan pemberani sudah tampak saat pertama kali melihatnya. Misalnya saja pada bagian sasisnya, dimana motor ini dibekali dengan tipe twin spar yang tampak sangat kokoh. Meskipun masih terbuat dari besi, bukan dari aluminium. Lalu juga pada kaki-kakinya yang terlihat tampak sangat kokoh dan kuat. Untuk bagian depannya sudah ada suspensi Upside Down dan juga suspensi mono shock yang melengkapi kaki bagian belakangnya. Menariknya, kaki-kakinya ini juga bisa disetting sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para penunggangnya.

Baca Juga :  Motor Matic 150cc Paling Irit 2018

Selain itu, sudah dilengkapi juga dengan ban berukuran 110/100-18 untuk bagian belakang dan ukuran 90/100-21 untuk bagian depannya. Hebatnya lagi, ban yang dipasangkan tersebut dari jenis ban enduro ready sehingga sangat nyaman dan bisa diajak blusukan tanpa takut ban pecah.

Dimensinya juga sangat pas, cukup tinggi dan ramping membuatnya bisa diajak lebih seimbang ketika terjadi goncangan saat melewati berbagai medan.

Performa motor Viar Cross X 250 SE

Mengenai performa, seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa tenaga yang dikeluarkannya sangat besar hingga sangat nyaman saat dipacu di medan tersulit sekalipun. Viar Cross X 250 SE mengusung mesin satu silinder dengan kubikasi 249,6 cc bertipe SOHC 4-tak, 4 klep dan dengan sistem pendingin cairan. Mesin ini diklaim akan mampu menghasilkan power maksimal 19 kW @ 9000 rpm dan torsi maksimum 23 Nm @ 7000 rpm.

Saat dilakukannya test ride, pertama kali mesin dihidupkan suara knalpotnya cukup keras. Ini karena penggunaan knalpot model free flow yang sudah merupakan standar pabrik. Dicoba untuk masuk pada gigi satu, benar saja saat digas motor Viar ini langsung menunjukkan kegarangannya, sangat galak dan cukup susah dikendalikan. Baru masuk pada gigi dua untuk menjinakkannya.

Dipacu diberbagai tipe medan, seperti gundukan, cekungan, tanah berpasir, hingga bebatuan terjal, semua dilibas dengan sangat mudahnya. Tak ada kata ragu melewati itu semua berkat mesin tangguhnya ini.  Paling susah saat melewati tanah berpasir, dimana bisa saja membuat mesin ngedrop. Tapi tidak saat menggunakan Viar Cross X 250 SE, semuanya bisa dilaju dengan mudah, berkat torsi dan tenaganya yang besar. Apalagi ditambah dengan ban enduro miliknya, menjadikan pacuan lebih enteng dan mudah.

Advertisements

Mungkin sebagian dari Idotom bertanya-tanya soal kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan oleh Viar Cross X 250 SE ini saat test ride, begitupun dengan kami sendiri. Tetapi karena fokusnya saat melewati berbagai medan, sampai tidak sempat melihat spedometer mampu mencapai angka berapa. Demikian tentu bukan hal yang perlu diperdebatkan, karena memang motor jenis ini bukan untuk masalah kecepatan, namun ketangguhan saat menaklukkan medan. Jika memang mau diadu dengan motor jenis lain di jalanan beraspal, mungkin motor besutan Viar ini masih bisa meladeninya.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kelemahan Honda CBR250R Millenium Red

Handling Viar Cross X 250 SE

Pada bagian pegangannya, motor satu ini dibekali dengan stang yang cukup lebar, sehingga lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, saat dipacu stang lebar ini juga lebih mudah dibelokkan, baik ke kanan maupun ke kiri. Dipadukan dengan suspensi mumpuni, baik suspensi depan maupun belakangnya. Sangat baik dalam meredam getaran sehingga keseimbangan bisa lebih terjaga. Ditambah lagi dengan sistem pengereman, dimana sudah menggunakan rem cakram dengan diameter 240 mm untuk bagian depan dan belakangnya.

Kelemahan Viar Cross X 250 SE

Viar Cross X 250 SE

Viar Cross X 250 SE

Berbicara mengenai kelemahan Viar 250 SE ini, nyaris tidak ada sama sekali. Karena semua tersebut sudah tertutupi dengan beberapa kelebihannya. Salah satu yang menjadi kelemahannya adalah pada saat motor satu ini di pacu dijalanan bergelombang dengan kecepatan tinggi, hal tersebut akan sangat menyiksa tangan pengguna karena kondisinya yang agak melompat-lompat. Tentu ini bukanlah kelemahan yang berarti pada motor besutan Viar ini.

Dan juga masalah terdapat pada bobotnya yang terbilang cukup berat yakni sekitar 126 kg. Kelemahannya terlihat saat motor tersebut dipacu untuk melewati singgle track yang ekstrem, dimana pengguna harus lebih bekerja lebih keras lagi.

Sekarang Idotom sudah tahu bukan kelebihan dan kelemahan Viar Cross X 250 SE ini? Sekarang tergantung Idotom sendiri, mau pilih motor besutan Viar yang tangguh dan dengan performa bagus ini atau mau pilih motor dari pabrikan lainnya.

Baca Juga :  Harga Viar Cross X 250 SE Terbaru dan Spesifikasi 2018

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements
Kelebihan dan Kelemahan Viar Cross X 250 SE | Idot | 4.5