7 Kelebihan Pertamax Turbo dan Kekurangan untuk Motor Masa Kini

Idtomotif – Pertamax Turbo pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 silam. Dari tahun ke tahun, peminat Pertamax jenis Octan tertinggi ini semakin meningkat. Bahkan pada riset yang dilakukan hingga akhir tahun 2018 kemarin, peminat Pertamax Turbo meningkat hingga 65%. Hal ini tidak lain karena kelebihan Pertamax Turbo yang sangat dirasakan oleh penggunanya. Penggunaan BBM dengan Research  Octane Number 98/RON 98 ini memiliki efek yang nyaman pada motor.

Meskipun demikian, kekurangan Pertamax Turbo ternyata masih bisa dirasakan. Hanya saja, kekurangan tersebut masih tertutupi berkat keunggulan Pertamax Turbo yang lebih banyak. Pada artikel kali ini akan membahas itu semua secara lengkap dan terperinci. Selain kekurangan dan kelebihan BBM RON 98, akan dibahas pula motor apa saja yang cocok dengan BBM jenis tersebut.

Kelebihan pertamax turbo

Kelebihan pertamax turbo

7 Kelebihan Pertamax Turbo dan Kekurangan untuk Motor Masa Kini

Advertisements

Penggunaan BBM yang berkualitas tinggi pastinya akan membuat performa motor menjadi lebih gahar. Tidak hanya itu, motor juga akan semakin tahan lama dalam mempertahankan keprimaannya. Hal yang sama bisa Idotom rasakan ketika menggunakan Pertamax Turbo. Inilah salah satu kelebihan Pertamax Turbo yang seringkali menarik minat pecinta motor.

Baca Juga :  7 Perbedaan Vario 125 dan 150 dari Segi Bodi dan Performanya

Pertamax Turbo juga diklaim cocok segala jenis motor, terutama motor keluaran baru. Pihak Pertamina juga membenarkan hal tersebut. Alasannya karena inilah BBM yang menduduki posisi tertinggi untuk sebuah motor masa kini. Mengenai kelebihan Pertamax Oktan 98, berikut penjelasannya.

Kelebihan Pertamax Turbo Pada Motor

  • Dilengkapi Ignition Boost Formula

Kelebihan Pertamax Turbo Oktan 98 yang pertama adalah sudah adanya formula terdepan dan terkini yang disebut IBF. Formula ini dirancang khusus untuk mesin canggih yang sering diusung oleh motor modern sekarang ini. Penggunaannya akan membuat mesin bekerja lebih maksimal sehingga performanya pun ikut meningkat.

  • Memperbesar tenaga yang dihasilkan mesin

Tenaga yang dihasilkan dari pembakaran menjadi lebih besar saat menggunakan bahan bakar ber-oktan 98 ini. Dengan demikian, hal ini juga semakin meningkatkan kecepatan motor.

  • Meningkatkan kecepatan dan akselerasi

Selain dilengkapi formula terkini, Pertamax Turbo juga akan membuat motor menjadi lebih lincah dan cepat. Akselerasi motor menjadi lebih mumpuni yang juga membuat kecepatannya meningkat tajam.

  • Meningkatkan Drivability motor

Kelebihan Pertamax Turbo lainnya yang bisa dirasakan pada motor adalah meningkatnya drivability atau kelincahan motor. Bagi pecinta balapan atau Idotom yang suka memacu motor dengan kecepatan dan akselerasi tingkat tinggi, wajib pakai BBM dengan angka Oktan 98 ini.

  • Menyempurnakan sistem pembakaran pada mesin

Pertamax Turbo dirancang dengan kualitas sangat tinggi, menjadi penyempurna dari jenis Pertamax Plus atau Pertamax Oktan 92. Hal ini juga berefek pada sistem pembakaran pada mesin, yakni pembakaran yang lebih sempurna.

  • Motor lebih enteng

Penggunaan Pertamax Turbo juga akan membuat kendaraan menjadi lebih enteng. Dengan demikian, pengendara akan lebih nyaman mengendarainya.

  • Ramah lingkungan

Pertamax Turbo dirancang untuk penyempurna dari BBM sebelumnya. Salah satu peningkatan yang cukup signifikan bisa dirasakan dari BBM ini adalah lebih ramah lingkungan. Dengan demikian, secara tidak sadar kita juga mengurangi polusi yang lebih banyak dihasilkan dari bahan bakar kendaraan.

Baca Juga :  Toyota Sienta vs Honda Freed, Perbandingan Performa dan Harga

Kekurangan Pertamax Turbo Pada Motor

Dari segala keunggulan dari Pertamax Turbo, ternyata masih ada kekurangan yang dimilikinya. Meskipun kekurangan Pertamax Turbo ini tidak banyak dirasakan pengguna. Kekurangan tersebut antara lain:

  • Tidak semua kendaraan cocok dengan Pertamax turbo. Ini karena nilai oktan yang dimiliki Pertamax Turbo cukup tinggi sehingga akan kurang optimal saat digunakan pada motor berkompresi rendah.
  • Kekurangan Pertamax Oktan 98 atauTurbo lainnya adalah harganya yang relatif mahal. Bagi pengguna dari kalangan menengah kebawah mungkin akan keberatan dengan harga yang ditetapkan untuk BBM jenis ini.
  • Dan yang terakhir adalah penyebaran Pertamax Turbo yang masih belum merata di Indonesia. Pertamax Turbo hanya tersedia di kota-kota besar saja, masih belum masuk ke pelosok desa.

Jenis Motor Apa yang Cocok dengan Pertamax Turbo?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, meskipun bahan bakar jenis ini berkualitas tinggi namun tidak semua motor cocok dengannya. Nilai oktan yang besar yakni mencapai angka oktan 98, BBM ini hanya dikhususkan untuk kendaraan yang mengusung mesin canggih. Motor mesin canggih umumnya memiliki tingkat kompresi yang cukup tinggi.

Disebutkan Pertamax Turbo hanya cocok untuk kendaraan yang memiliki tingkat kompresi rasio 12:1 ke atas. Untuk motor yang memiliki kompresi rasio dibawahnya, tidak dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar jenis ini.

Efek penggunaan Pertamax Turbo pada motor berkompresi rendah, akan membuat pembakaran kurang optimal dan tenaga yang dihasilkan juga sangat rendah. Terlebih lagi ini akan membuat motor lebih boros bahan bakar.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Bekas Dibawah 100 Juta untuk Bisnis Travel

Bagaimana Cara Mengetahui Besar Rasio Kompresi Motor?

Pertanyaan ini juga sering dilontarkan oleh pengguna yang penasaran dengan penggunaan Pertamax Turbo. Ingin menggunakannya pada motor, tapi takutnya kurang memenuhi standar. Untuk mengetahui besar rasio kompresi motor, Idotom bisa melihat di Buku Panduan Manual motor atau melalui website resmi pabrikan motor Idotom.

Keimpulan

Pertamax Turbo merupakan penyempurna bahan bakar jenis sebelumnya, jadi wajar kelebihan yang dimiliki sangat banyak. Dirancang untuk mesin motor canggih masa kini, tidak semua motor bisa menggunakan Pertamax Turbo ini. Untuk kekurangannya sendiri tidak akan dirasakan pada motor, karena inilah bahan bakar paling sempurna sekarang ini. Meskipun masih dibawah BBM beroktan 100 yang dikhususkan untuk motor balap.

7 Kelebihan Pertamax Turbo dan Kekurangan untuk Motor Masa Kini | Idot | 4.5