Komponen Rem Tromol dan Cara Kerjanya Pada Kendaraan

Advertisements

Komponen Rem Tromol – Komponen rem tromol dan cara kerjanya pada kendaraan tidak diketahui banyak orang. Rem tromol merupakan sistem pengereman pada kendaraan yang metodenya menggunakan gesekan antara kampas dengan sebuah komponen yang memiliki bentuk seperti mangkuk.

Sama seperti rem jenis yang lain, fungsi rem tromol adalah memperlambat laju kendaraan ketika sedang berkendara. Dengan begini, pengendara dan semua penumpang bisa lebih aman ketika bepergian. Pada dasarnya jenis rem tromol yang digunakan untuk roda depan dan belakang tidak sama. Perbedaan ini memiliki tujuan agar sistem rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan.

Komponen Rem Tromol

Komponen Rem Tromol dan Cara Kerjanya Pada Kendaraan

Rem tromol terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe leading and trailing, tipe two leading, double two leading, uni servo, duo servo, dan anchor pin. Semua tipe tersebut memiliki komponen rem tromol yang hampir sama.

Komponen-komponen yang ada pada rem tromol diantaranya:

Advertisements

1. Drum Brake

Komponen rem tromol yang satu ini merupakan bagian yang berputar bersama dengan roda. Tromol rem ini memiliki bentuk lingkaran tabung dan konsentris dengan poros dan jika remnya tidak lingkaran sempurna dan tidak konsentris dengan poros maka akan terasa bergetar jika pedal rem diinjak. Tromol rem harus bisa menyerap dan menghilangkan panas yang muncul akibat gesekan.

2. Brake Shoe

Brake shoe juga disebut dengan sepatu rem yang memiliki fungsi untuk menekan tromol rem sehingga proses pengereman terjadi. Brake shoe memiliki dua buah dan terpasang di backing plate dan pegas pemegang sepatu rem akan menguncinya. Brake shoe ini tidak akan ikut berputar bersama dengan roda karena terpasang pada backing plate.

Baca Juga :  Cara Cek Plat Nomor Jakarta Secara Online yang Mudah

3. Wheel Cylinder

Wheel cylinder atau silinder roda ini berfungsi untuk menerima tekanan hidrolik dari master silinder yang kemudian tekanan itu akan digunakan untuk menekan brake shoe agar proses pengereman terjadi. Wheel cylinder ini letaknya ada di dalam tromol dan terpasang di backing plate. Di dalam wheel cylinder ini ada piston yang berfungsi untuk menerima tekanan dan digunakan untuk menekan sepatu rem.

4. Anchor

Anchor adalah bagian dari sistem rem tromol yang juga terpasang pada backing plate. Anchor berfungsi sebagai tumpuan dari sepatu rem atau brake shoe.

5. Backing Plate

Komponen rem tromol yang selanjutnya adalah backing plate yang berfungsi sebagai landasan pada sistem rem tromol. Backing plate ini berbentuk plat lingkaran yang terpasang pada rumah poros dan tidak ikut berputar dengan roda. Beberapa komponen rem tromol terpasang pada backing plate, seperti wheel cylinder, brake shoe, anchor, dan pegas pemegang sepatu rem.

6. Pegas Pemegang Sepatu Rem

Komponen rem tromol yang satu ini berfungsi untuk menahan sepatu rem agar tetap berada di posisi. Pegas pemegang sepatu rem ini memiliki 2 tipe yang digunakan yaitu tipe coil spring dan tipe clip spring.

Advertisements

7. Pegas Pengembali Sepatu Rem

Pegas pengembali sepatu rem merupakan pegas dari tipe coil spring. Pegas ini menghubungkan antara sepatu rem dengan dudukan stasionernya atau dari sepatu rem ke sepatu rem yang lainnya. Fungsi komponen ini adalah untuk mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi awal setelah pedal rem dilepaskan.

Baca Juga :  Harga Honda HRV Bekas di Indonesia Terbaru Update 2018

8. Anti-rattle Spring

Anti-rattle spring atau pegas anti betar berfungsi untuk mengurangi getaran dan suara mengklik.

9. Unit Penyetel

Unit penyetel ini berfungsi untuk menyetel celah sepatu rem dengan tromol dan hampir semua tipe rem tromol menggunakan unit penyetel (adjuster) dengan bentuk roda bintang atau bergerigi.

Cara Kerja Rem Tromol Pada Kendaraan

Pada dasarnya cara kerja rem tromol pada rem tomol mobil atau rem tromol motor tidak jauh berbeda dan komponen yang digunakan juga sama saja. Fungsinya juga sama yaitu untuk menjaga keselamatan pengendara ketika melakukan perjalanan. Agar fungsi rem tromol bisa didapatkan dengan maksimal, sebaiknya rawat kendaraan dengan baik dan rajin untuk cek kondisi kendaraan.

Itulah sedikit ulasan tentang komponen rem tromol dan cara kerja rem tromol. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Idotom semua.

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Cara Kerja Rem Cakram Pada Motor dan Mobil
Advertisements
Komponen Rem Tromol dan Cara Kerjanya Pada Kendaraan | Kukuh Hilmawan | 4.5