Pengertian Torsi dan Fungsinya Pada Motor

Advertisements

Pengertian Torsi Pada MotorTorsi adalah tenaga yang berfungsi untuk menarik, menggerakkan atau menjalankan sesuatu. Biasanya masyarakat menjadikan torsi sebagai salah satu kriteria utama untuk menentukan spesifikasi kendaraan yang akan dibeli. Selain torsi, horse power pada kendaraan juga sangat berpengaruh. Maka dari itu, calon pembeli harus mengetahui apa itu torsi dan horse power agar tidak salah ketika membeli kendaraan baru.

Seperti yang telah kita ketahui, kendaraan yang ada memang memiliki berbagai jenis dan digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat masyarakat cukup mudah untuk memilih kendaraan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, calon pembeli harus mengetahui apa itu torsi dan horse power agar tidak salah ketika membeli kendaraan baru.

Lalu, apa pengertian torsi dan fungsinya pada motor? Berikut ini adalah ulasannya yang perlu Anda ketahui. Let’s check this out!

Pengertian Torsi dan Fungsinya Pada Motor

Pengertian Torsi

Spesifikasi rinci pada motor sebenarnya sangat menentukan laju dan gerak dari kendaraannya yang sering tidak disadari oleh para penggunanya. Spesifikasi juga sangat menentukan performa dan tenaga yang kuat dari kendaraan tersebut. Jadi, tidak hanya sekedar tahu jenis motor tetapi perlu memperhatikan spesifikasinya.

Advertisements

Dalam spesifikasi, kita dapat mengenal istilah horse power (tenaga kuda) dan torsi (torque). Kedua hal tersebut memang berkaitan erat dengan rpm (rotation per minute) atau kata lainnya pergerakan mesin tiap nenitnya. Torsi dan horse power ini dihasilkan melalui gerakan dari perangkat lain misalnya langkah pisron dan besaran volume diameter.

Baca Juga :  Komponen Rem Tromol dan Cara Kerjanya Pada Kendaraan

Pengertian torsi adalah tenaga untuk menarik, menggerakkan atau menjalankan sesuatu yang dalam istilah lain disebut pulling power. Torsi memiliki satuan internasional yaitu feet-pounds, feet/lbs dan Newtonmeter (Nm). Jarak dan kekuatan akan menghasilkan torsi dengan rumus tenaga dikalikan dengan jarak. Torsi dihasilkan melalui mesin dari kendaraan dan berguna untuk menggerakan crankshaft. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian torsi adalah tenaga yang digunakan pada jarak tertentu.

Pengertian torsi yang lain adalah gaya rotasi yang berbentuk tenaga yang berguna untuk memutar roda. Ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar mesin ini yang mendasari gaya rotasi. Kemudian tenaga tersebut akan disalurkan melalui kruk as yang akan bergerak secara memutar. Torsi yang terdapat dalam kruk as akan kembali disalurkan ke transmisi, rantai atau gardan, roda gila dan juga roda agar kendaraan bisa bergerak dari semula yang tidak bergerak.

Beralih pada performa kendaraan bermotor, torsi akan berfungsi lebih di bagian bawah putaran mesin ketika motor melaju dari kondisi sebelumnya hang tidak bergerak. Torsi yang besar pada suatu kendaraan dapat dilihat dari seberapa mampu kendaraan melesat dari garis awal dan beralih dengan kecepatan tertentu dalam waktu yang cukup singkat.

Kemudian ketika mobil bergerak, untuk mencapai kecepatan tertinggi dari sebuah kendaraan maka tenaga atau power yang akan berperan penting. Pada sebuah kendaraan tenaga kuda atau horse power akan berperan untuk membuat motor menghasilkan kecepatan maksimal. Daya kuda adalah satuan yang telah diadopsi guna mengukur daya yang dikeluarkan dari motor listrik, piston, turbin dan sejumlah mesin lainnya yang ada pada kendaraan.

Baca Juga :  Daftar Harga Ducati Scrambler di Indonesia dan Spesifikasinya

Ukuran tenaga ketika mesin sedang bekerja bersamaan dengan faktor waktu juga dapat diartikan sebagai daya kuda. Misalnya, putaran pada roda per menit yang akan dibutuhkan oleh kendaraan saat melaju dengan kecepatan tertentu. Kesimpulannya adalah torsi akan memiliki fungsi dan peran yang besar pada akselerasi kendaraan ketika bergerak di awal. Sedangkan tenaga kuda atau horse power ini akan berperan besar pada sebuah kendaraan untuk menghasilkan top speed yang diinginkan.

Advertisements

Oleh karena itu, jika Anda berencana akan membeli kendaraan baru setidaknya perlu memperhatikan spesifikasinya secara rinci dan mendetail agar tidak kecewa nantinya. Selain mengetahui dan memilih model dan jenis motor yang akan dibeli, sangat penting untuk memahami daya kuda atau horse power dan torsi sebagai kriteria utama yang harus diketahui. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengecek performa dan kekuatan dari kendaraan baru tersebut.

Demikian ulasan mengenai pengertian torsi dan fungsinya pada motor. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Daftar Harga Sepeda Listrik Murah Hanya 1 Juta Terbaru 2018
Advertisements
Pengertian Torsi dan Fungsinya Pada Motor | Kukuh Hilmawan | 4.5