9 Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC mobil bau – Sebagian besar masyarakat modern sekarang ini pasti punya yang namanya mobil. Mobil menjadi salah satu transportasi pribadi yang cukup banyak diminati, dibandingkan dengan motor atau naik transportasi umum. Perjalanan jauh akan membuat penumpangnya nyaman dan menyenangkan. Selain kelebihan tersebut, mobil ternyata juga sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling sering dijumpai adalah AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Ada banyak faktor yang menyebabkan AC mobil berbau tidak sedap, terkadang juga secara tidak sadar sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Pada artikel kali ini akan saya bahas secara tuntas mengenai penyebab AC mobil berbau tidak sedap. Dan sekaligus juga bagaimana cara mengatasi masalah AC mobil bau tersebut.

Penyebab ac mobil bau

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap yang Sering Diabaikan dan Cara Menghilangkannya

Advertisements

Mengenai faktor yang menyebabkan ruangan mobil berbau tidak sedap atau apek ada banyak. Hanya saja terkadang kita tidak menyedarkan berbagai faktor tersebut. Karena itulah dengan mengetahui beberapa penyebabnya ini, tentu akan membuat AC mobil tidak bau lagi.

1. Banyaknya debu dibagian filter AC

Penybebab AC mobil bau apek atau tidak sedap yang pertama adalah karena terdapat banyak kotoran di bagian filter AC. Meskipun sejatinya filter AC berfungsi untuk menyaring kotoran di dalam kabin mobil, tapi kalau jarang dibersihkan akan membuat debunya menumpuk. Dan lama kelamaan debu tersebut akan membuat lembab sehingga menjadi biang jamur. Inilah yang nantinya akan membuat AC mengeluarkan bau yang tidak sedap ke dalam kabin mobil.

Untuk cara mengatasinya sendiri, sebaiknya Idotom rutin membersihkan debu yang ada di filter AC. Setidak 1 bulan sekali agar kabin dalam mobil senantiasa segar dan nyaman.

Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Bogo yang Mudah dan Praktis

2. Asap rokok yang terhisap

Apakah Idotom salah satu pengendaranyang suka merokok di dalam mobil? Sebaiknya hentikan kebiasan tersebut mulai sekarang. Merokok di dalam mobil akan membuat asapnya masuk ke saluran AC. Lama kelamaan asap yang terhisap tersebut akan mengendap dan berubah menjadi lendir asam. Inilah yang nantinya akan membuat AC mengeluarkan bau tidak sedap ke dalam kabin mobil.

Selain asap rokok, polusi lainnya seperti asap kendaraan atau hasil pembakaran lainnya juga menjadi penyumbang bau tidak sedap. Sebaiknya merokoklah di luar mobil dan juga selalu tutup kaca mobil agar polusi tidak masuk dan terhisap oleh AC.

3. Pengarum mobil yang tidak cocok

Bukankah pengharum parfum mobil berguna untuk membuat suasana di dalam mobil menjadi segar dan harum? Tapi kenapa parfum mobil juga bisa menyebabkan AC bau? Parfum mobil tidak sama dengan perfum yang kita gunakan sehari-hari. Ada banyak jenis pengharum mobil, ada yang berkualitas tinggi ada pula yang tidak cukup bagus. Untuk parfum yang bisa menyebabkan bau ini sendiri biasanya karena kandungan alkohol di dalamnya cukup tinggi.

Selain itu, kandungan zat aerosol yang ada dalam parfum tidak sepenuhnya menguap. Sebagian kecil ada yang bisa terhisap oleh AC dan mengendap, lama kelamaan akan menjadi lendir asam. Inilah yang nantinya akan menimbulkan bau tidak sedap pada AC mobil. Apalagi untuk penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebaiknya lebih selektif dalam memilih pengharum atau parfum mobil. Pastikan Idotom memilih parfum yang berkualitas bagus agar tidak menyebabkan bau tidak sedap di dalam mobil.

4. Remah makanan yang tidak dibersihkan

Nyemil di dalam mobil saat perjalanan memang paling asyik. Aktivitas seperti ini juga bisa mengatasi rasa bosan dalam perjalanan, apalagi perjalanan yang jauh. Tapi jangan sepelekan remah makanan yang terjatuh ketika enak nyemil. Remah makanan ini juga bisa menjadi penyebab AC mobil bau tidak sedap.

Baca Juga :  Varian Harga Mobil Dibawah 100 Juta untuk Keluarga Besar

Sebaiknya rutin membersihkan mobil dari remah makanan yang sering diabaikan. Gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner mini agar lebih mempermudah pembersihan. Alat seperti ini juga bisa menjangkau sudut-sudut tersulit sekalipun.

5. Tumpahan minuman atau cairan lainnya

Penyebab AC mobil bau apek atau tidak enak berikutnya ini hampir sama dengan yang di atas. Hanya saja kali ini berbentuk cair. Cairan yang tidak sengaja tumpah di kursi mobil, jika dibiarkan maka akan mengeluarkan bau apek atau tidak sedap. Hal ini akan diperparah untuk mobil yang memiliki jok atau kursi berlapis kulit. Ketika terkena cairan akan mengeluarkan bau, dan ini terhisap oleh AC.

Selain itu, cairan yang tertumpah juga bisa menyebabkan terbentuknya lendir asam. Dan alhasil AC mobil akan mengeluarkan bau apek atau tidak sedap. Sebaiknya ketika ada cairan atau minuman yang tidak sengaja tertumpah, langsung dibersihkan dengan lap kering.

6. Terjadi kebocoran freon

Untuk masalah satu ini juga sering dialami oleh pengendara, dimana kebocoran freon terjadi pada evaporator sehingga menyebabkan keluarnya oli. Bau dari oli atau freon tersebut akan bercampur di dalam kabin mobil. Jika terhirup terlalu lama oleh pengendara, hal ini ternyata akan sangat membahayakan.

Sebaiknya langsung bawa mobil Idotom ke bengkel untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan menunda-nunda waktu terlalu lama, karena zat kimia yang ada di dalam freon akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

7. Kotoran yang terdapat di evaporator

Selain filter AC, evaporator juga harus sering dibersihkan agar tidak menyebabkan bau asem atau tidak sedap di dalam mobil. Beberapa kotoran seperti debu, polusi atau yang lainnya akan mengendap dan menyebabkan tumbuhnya jamur dan spora.  Untuk awal-awal mungkin Idotom hanya akan mencium bau asem atau tidak sedap tersebut hanya sesekali. Tapi jika dibiarkan secara terus-menerus, bau yang tercium akan terjadi secara berkesinambungan.

8. Barang bawaan yang berbau tidak sedap

Selain beberapa faktor di atas, ada satu lagi penyebab AC mobil bau tidak sedap adalah karena barang bawaan kita. Barang bawaan yang memiliki bau tidak sedap akan bercampur di dalam mobil dan terhirup oleh AC. Misalnya saja bahan makanan hasil laut yang sangat identik dengan bau amisnya. Bau amis ini sendiri akan sulit hilang ketika sudah ditaruh dalam mobil ber-AC.

Baca Juga :  Cara Pilih Velg Motor Tapak Lebar untuk Modifikasi Keren

Tapi tidak perlu khawatir, ada cara menghilangkan bau amis dalam mobil yakni dengan bubuk kopi. Taruhlah bubuk kopi asli dalam sebuah wadah terbuka dan letakkan di dalam mobil selama semalaman. Bubuk kopi akan mampu menetralisir bau tidak sedap yang ada di dalam mobil.

9. Sering parkir di lokasi yang panas

Penyebab AC mobil bau tidak sedap yang terakhir adalah karena kebiasaan memarkirkan mobil di tempat yang panas. Panas dari teriknya matahari akan membuat udara didalam mobil juga ikut panas. Yang demikian ini juga sering kali menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin.

Mulai sekarang hindari kebiasaan parkir mobil di area yang panas. Agar lebih efektif lagi, gunakan pengarum ruangan dalam mobil yang berkualitas bagus. Biarpun harganya relatif mahal, tapi kualitas yang diberikan akan sangat memuaskan.

Kesimpulan

Ada banyak sekali penyebab AC mobil berbau tidak sedap, ada yang berasal dari AC itu sendiri dan juga karena kebiasaan kurang baik dari pengendaranya. Sebaiknya hindari kebiasaan kurang baik yang menjadi penyebab AC mobil bau di atas. Dan juga rutinlah membersihkan atau menyervis AC mobil agar kualitasnya tetap terjaga.

9 Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya | Idot | 4.5