7 Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab motor ngebul – Yang namanya buatan manusia, motor pasti ada waktunya mengalami masalah sehingga kurang optimal saat dikendarai. Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada sebuah motor adalah knalpot motor ngebul atau keluar asap. Penyebab motor ngebul ini cukup beragam, yang paling berpengaruh besar adalah dibagian mesinnya. Biasanya ini terjadi karena ada beberapa bagian komponen mesin yang mengalami kerusakan yang mengakibatkan oli masuk ke ruang pembakaran.

Selain oli, terlalu banyaknya bensin yang masuk ke ruang pembakaran dibandingkan udara, juga menjadi penyebab motor keluar asap hitam. Masalah motor ngebul seperti ini jika terjadi pada mesin motor 2 Tak mungkin masih wajar. Tapi jika ini terjadi pada mesin motor 4 Tak, itu tandanya Idotom harus melakukan perbaikan motor.

penyebab motor ngebul

penyebab motor ngebul

Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mengatasinya yang Benar

Advertisements

Bagi orang awam, kemungkinan akan cukup kebingungan jika mendapati knalpot motor 4 Tak ngebul. Wajarlah, karena tidak terlalu mengerti mesin jadinya akan takut terjadi kerusakan yang parah pada motornya. Tapi tenang saja, karena kali ini akan memberikan penjelasan mengenai penyebab motor ngebul dan cara mengatasinya yang mudah. Berikut ini penyebab dan cara penanganan yang tepat, antara lain.

1. Ruang pembakaran bermasalah

Penyebab motor ngebul yang pertama adalah karena terjadinya masalah di ruang pembakaran. Masalah ini akan membuat proses pembakaran BBM menjadi kurang optimal. Kurang optimal karena terlalu banyaknya bensin yang masuk ke ruang pembakaran dibandingkan udara. Alhasil, pembakaran tersebut bukan hanya menghasilkan tenaga saja, melainkan juga asap hitam.

Baca Juga :  3 Cara Memotong Rantai Motor Tanpa Melepasnya dari Gir

Cara memperbaiki motor berasap hitam karena masalah ini adalah dengan melakukan penyetelan ulang pada ECU atau Electronic Control Unit.

2. Oli masuk ke ruang pembakaran

Proses pembakaran pada motor hanya membutuhkan 3 unsur utama, yakni bahan bakar, udara dan juga percikan api. Jika ada unsur lain yang ikut campur dalam proses ini, maka akibatnya tenaga yang dihasilkan akan kurang baik atau juga terjadi masalah lain. Misalnya saja oli yang ikut masuk ke ruang bakar, alhasil akan menyebabkan motor mengeluarkan asap putih.

Ada banyak hal yang menjadi faktor oli masuk ke ruang pembakaran, misalnya piston mengalami aus, linner atau silinder mesin aus, batang katup yang bengkok, seal katup bocor, klep terganjal atau pemasangannya kurang sempurna dan kerusakan komponen mesin lainnya. Jika motor Idotom mengeluarkan asap putih, segeralah datang ke bengkel untuk mengidentifikasi kerusakan pada ruang pembakarannya.

Jika memang Idotom punya sedikit pengetahuan tentang mesin motor, cobalah mengecek satu persatu faktor kebocoran oli ke ruang bakar yang sudah disebutkan sebelumnya.

3. Terdapat kerak di ruang bakaar

Penyebab motor ngebul lainnya yang sering diabaikan oleh pemilik motor adalah karena banyaknya kerak yang terdapat di ruang bakar. Untuk motor baru mungkin jarang mengalami hal seperti ini. Tapi untuk motor dengan jangka penggunaan cukup lama, sangat memungkinkan mengalami masala motor ngebul karena masalah ini.

Kerak ini sendiri dihasilkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna, atau karena ada oli yang juga ikut terbakar. Lama kelamaan kerak akan semakin menebal dan bisa mengganggu proses pengapian, alhasil motor akan mengeluarkan asap hitam. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melalukan pembongkaran pada kepala silinder dan bersihkan keraknya.

4. Busi yang kotor

Satu lagi penyebab motor mengeluarkan asap tebal melalui knalpot, yakni dikarenakan busi kotor. Busi yang tertutupi oleh kotoran ini akan membuatnya kurang maksimal untuk melakukan proses pengapian saat pembakaran. Hasilnya proses pembakaran juga akan ukut terganggu sehingga menyebabkan keluarnya asap hitam.

Baca Juga :  Cara Menghitung Pajak Progresif Motor Update 2018

Sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin terhadap busi motor agar proses pengapian tetap berjalan dengan normal. Jika busi dibiarkan tetap kotor dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuatnya mati alias tidak berfungsi lagi.

5. Filter udara yang kotor

Selain busi, filter udara juga harus perhatikan dan dirawat secara berkala. Filter udara ini sendiri berfungsi untuk mengatur suhu di dalam mesin tetap terjaga meskipun dipacu secara terus-menarus. Karena itulah, jika filter udara mengalami masalah maka proses pembakaran di ruang bakar pun akan terganggu. Filter udara yang kotor akan membuatnya kurang maksimal dalam menajalankan fungsinya. Alhasil  motor akan mengeluarkan asap hitam, bahkan pekat jika sudah terlalu parah.

Solusinya adalah dengan melakukan pembersihan pada filter udara secara rutin. Jika filter udara dibiarkan kotor dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan berpotensi merusak mesin motor.

6. Penggunaan oli yang tidak cocok

Setiap pabrikan pasti akan merekomendasikan oli yang cocok dengan mesin motor keluarannya. Karena itulah, sebaiknya Idotom mengikuti rekomendasi oli yang sudah ditetapkan oleh pabarikan motor. Jika tidak, maka hal ini akan menjadi penyebab motor ngebul yang paling utama.

Misalnya saja Idotom menggunakan oli yang terlalu encer untuk mesin motor, hal ini akan membuatnya mengeluarkan asap. Mengapa ini bisa terjadi? Ya, karena oli yang terlalu encer dan tidak cocok dengan mesin, akan membuat oli tersebut masuk ke ruang bakar melalui celah-celah kecil. Ini akan tetap terjadi meskipun ring piston atau silinder tidak mengalami aus.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor dan Penyebabnya

Cara memperbaiki motor berasap karena masalah satu ini adalah dengan mengikuti rekomendasi oli yang diberikan oleh pabrikan motor. Jangan sekali-kali memilih oli lain dengan alasan karena lebih murah atau yang lainnya.

7. Pemilihan knalpot racing

Dengan alasan membuat tampilan motor lebih keren atau agar performa motor lebih garang, dilakukanlah penggantian knalpot motor. Memilih knalpot racing untuk motor adalah yang sering dilakukan banyak pengguna. Menggunakan knalpot racing masa kini, kita bisa menyemprotkan oli ke dalam knalpot. Tujuannya agar knalpot bisa bertahan dalam suhu tinggi atau ada yang bilang juga ini bisa meningkatkan performa motor.

Yang jelas cara seperti ini akan membuat motor mengeluarkan asap putih ketika di gas. Tapi untuk memastikan asap putih benar-benar disebabkan oleh penggunaan knalpot racing, sebaiknya buka knalpot dan hidupkan motor. Jika tidak ada asap putih yang keluar, berarti motor tidak mengalami masalah apapun.

Kesimpulan

Jadi, penyebab motor ngebul yang paling utama karena oli yang masuk ke ruang bakar akibat dari terjadinya kerusakan pada komponen pembakaran. Selain itu, ketidakstabilan dalam proses pembakaran juga mengakibatkan motor berasap tebal. Meski begitu ada penyebab lain yang bisa kita temukan seperti pengaruh jenis knalpot, oli terlalu encer, dan juga perawatan mesin yang kurang baik.

7 Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mudah Mengatasinya | Idot | 4.5