SIM Online Jakarta, Begini Prosedur dan Mekanismenya

Advertisements

SIM Online JakartaSIM online Jakarta bisa dilakukan untuk pembuatan baru atau perpanjangan. Hal ini berarti masyarakat bisa membuat SIM baru atau perpanjangan di Satpas SIM di luar domisilinya. Pelaksanaan SIM Online ini sudah dilakukan secara serentak di beberapa Satpas seluruh Indonesia sebanyak 45 Satpas pada tahun 2014. Namun saat ini sudah ada sebanyak 200 Satpas yang menerima pelayanan pembuatan atau perpanjang SIM secara online, termasuk SIM online Jakarta.

Yang dimaksud dengan SIM online ini adalah jaringan Satpas yang ada di seluruh Indonesia sudah terhubung antar-Satpas. Dengan begini, Idotom yang akan membuat SIM baru atau perpanjangan di semua Satpas secara online tanpa terikat dengan KTP domisili Idotom. Saat ingin melakukan permohonan SIM, Idotom bisa melakukan registrasi SIM secara online dengan mendaftar melalui website resmi Korlantas Polri. Cara ini akan membuat Idotom lebih mudah untuk mendaftar dan membayar PNBP SIM kapan saja dan di mana saja.

Cara Membuat SIM Online Jakarta

SIM Online Jakarta

Jika Idotom sudah membuka website resmi Korlantas Polri, Idotom harus mengisi file yang tersedia dan setelah selesai mengisi formulir, pastikan cek data SIM online apakah sudah benar-benar lengkap dan terisi dengan tepat. Setelah itu, Idotom akan mendapatkan nomor antrean dan waktu untuk melakukan proses yang selanjutnya. Jika membuat SIM baru, maka Idotom akan mengikuti tes SIM baru, sedangkan untuk perpanjangan SIM bisa Idotom lakukan saat itu juga.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor berasap Paling Mudah

Ketika sudah mendapatkan nomor registrasi, Idotom hanya perlu melakukan pembayaran dan bukti pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) tersebut diperlihatkan kepada petugas ketika akan melakukan perpanjangan SIM atau tes pembuatan SIM baru. Idotom bisa melakukan pembayaran langsung di teller Satpas SIM atau bisa juga membayar melalui mesin EDC sehingga bisa melakukan pembayaran secara debet. Selain itu, Idotom juga bisa melakukan pembayaran melalui bank atau ATM BRI. Pelayanan ini berlaku di seluruh Satpas yang sudah saling terkoneksi, termasuk juga SIM online Jakarta.

Advertisements

Biaya Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan SIM

Biaya PNBP untuk pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM:

  • SIM A (baru) Rp120.000 dan perpanjangan Rp80.000
  • SIM BI (baru) Rp120.000 dan perpanjangan Rp80.000
  • SIM BII (baru) Rp120.000 dan perpanjangan Rp80.000
  • SIM C (baru) Rp100.000 dan perpanjangan Rp75.000
  • SIM CI (baru) Rp100.000 dan perpanjangan Rp75.000
  • SIM CII (baru) Rp100.000 dan perpanjangan Rp75.000
  • SIM D (baru) Rp50.000 dan perpanjangan Rp30.000
  • SIM DI (baru) Rp.50.000 dan perpanjangan Rp30.000
  • SIM internasional (baru) Rp250.000 dan perpanjangan Rp225.000

Lebih Mudah dengan Memanfaatkan Layanan SIM Online

Banyak yang memanfaatkan pelayanan SIM online Jakarta dan ketika ingin melakukan perpanjangan SIM, ada beberapa tempat yang bisa dipilih, Idotom bebas memilih ingin melakukan perpanjangan SIM online atau secara langsung. Namun selain melakukan perpanjangan, Idotom juga cek SIM asli online untuk memastikan SIM yang sudah dimiliki.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Motor Kering dengan Bodrex

Selain melakukan perpanjangan SIM di Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) yang tersedia di seluruh Indonesia yang juga sudah bisa dilakukan secara online, Idotom bisa melakukannya di Gerai SIM. Gerai SIM terdapat di sejumlah tempat keramaian yang terjangkau seperti mall. Gerai SIM tetap buka meskipun hari Minggu sehingga Idotom akan lebih mudah ketika melakukan perpanjangan SIM.

Tak hanya itu saja, Idotom juga bisa melakukan perpanjangan SIM melalui SIM keliling. SIM keliling sudah tersedia beberapa tahun dan SIM keliling ini merupakan mobil-mobil khusus yang digunakan untuk perpanjangan SIM. SIM Keliling memiliki lokasi dan waktu tertentu. Melalui SIM Keliling, Idotom tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor Satpas dan mengantre dengan pemohon perpanjang SIM atau pembuat SIM baru yang lain.

Ada satu hal yang harus diketahui yaitu bahwa SIM Keliling hanya melayani perpanjang SIM A dan SIM C saja. Selain itu, SIM Keliling tidak akan menerima pelayanan yang lainnya. Kehadiran SIM Keliling akan menghemat waktu dan pastinya akan membantu Idotom yang jauh dari kantor Satpas karena SIM Keliling bisa ditemukan di lokasi terdekat.

Itulah sedikit ulasan tentang SIM online Jakarta. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel kami.

Advertisements

Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga :  Daftar Harga Sepeda Listrik Murah Hanya 1 Juta Terbaru 2018
Advertisements
SIM Online Jakarta, Begini Prosedur dan Mekanismenya | Kukuh Hilmawan | 4.5