Syarat Balik Nama Motor Update Tahun 2018

Advertisements

Syarat Balik Nama Motor – Memiliki sebuah kendaraan bermotor, khususnya untuk motor roda dua adalah keinginan banyak masyarakat milenial saat ini. Ya, dengan adanya sepeda motor ini kita bisa dengan mudahnya bepergian kemanapun dan kapanpun dengan lebih mudah dan cepat. Namun, karena keterbatasan biaya membuat banyak keinginan tersebut terhambat. Alhasil memilih motor bekas adalah solusi paling akhirnya.

Tapi jangan salah, meskipun bekas bukan berarti performanya sudah tak semaksimal seperti saat barunya. Bukan tidak mungkin Idotom bisa mendapatkan motor bekas dengan performa prima jika memang jeli mencarinya. Nah, saat membeli motor bekas tentu identitas dan surat-surat kepemilikan motor ini harus dibalik nama. Karena kepemilikan motor tersebut masih atas nama pemilik lama. Lantas, bagaimana sih cara balik nama motor dan syarat balik nama motor tersebut?

Syarat Balik Nama Motor

Syarat Balik Nama Motor

Syarat Balik Nama Motor Update Tahun 2018

Tidak dipungkiri lagi ternyata masih ada saja sebagian orang yang masih kebingungan untuk melakukan balik nama motor. Terlebih lagi masih banyak yang bertanya apa saja syarat balik nama motor tersebut. Sebenarnya mudah saja untuk masalah ini, karena memang mungkin kurangnya informasi sehingga menjadikan sebagian orang kebingungan melakukannya.

Sebenarnya sih tidak masalah ketika membeli sebuah motor bekas tanpa harus melakukan balik nama, baik dari segi STNK dan BPKB. Anda masih tetap bisa mengendarai motor yang belum dibalik nama tersebut dengan tenang, meskipun ada razia polisi sekalipun. Polisi tidak akan menilang jika Anda menunjukkan surat-surat kendaraan dengan lengkap. Terkecuali Idotom tidak mempunyai SIM loh ya!

Advertisements

Namun tanda kepemilikan ini akan berguna nanti saat akan memperbarui STNK yang mana butuh pencocokan dengan KTP si pemilik. Jika memang KTP tidak sesuai dengan identitas di STNK, maka pembaruan STNK tidak akan bisa dilakukan. Mau tidak mau Anda harus meminjam KTP dari si pemilik motor pertama. Ini tentu akan mudah jika pemilik pertama adalah bertetangga atau justru teman Anda sendiri. Ini akan menjadi sangat sulit kalau Anda tidak tahu siapa pemilik pertamanya.

Baca Juga :  Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet

Bukan masalah juga jika Anda membeli motor dalam kondisi baru di dealer, karena identitasnya akan disesuaikan dengan identitas Anda sendiri. Mengenai syarat balik nama motor sendiri, memang ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Persyaratan tersebut harus dilengkapi jika memang mau melakukan balik nama motor. Berikut ini beberapa syarat balik nama motor yang perlu dipenuhi

  • STNK asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotocopy (ini KTP pemilik baru, bukan pemilik lama)
  • BPKB asli dan fotocopy
  • Kwitansi transaksi pembelian motor yang ditandangani diatas materai Rp 6.000

Setelah beberapa syarat balik nama motor diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan balik nama motor. Balik nama motor sendiri meliputi balik nama STNK dan balik nama BPKB. Namun, yang harus didahulukan pertama kali adalah balik nama STNK yang biasanya dilakukan di Samsat tempat penerbit motor tersebut.

Setelah STNK dibalik nama dan sudah atas nama Idotom pribadi, selanjutnya adalah melakukan balik nama BPKB. Untuk balik nama BPKB ini sendiri biasanya akan dilakukan di POLDA didaerah Idotom. Penuhi beberapa syarat diatas dan lakukan semua prosedur balik nama motor dengan benar dan tertib.

Cukup mudah sekali bukan beberapa syarat balik nama motor yang perlu dipenuhi diatas? Untuk mengetahui cara balik nama motor, Idotom bisa membacanya pada artikel berikutnya yang juga ada pada halaman ini. Selamat membaca!

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim Update Tahun 2018

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements
Syarat Balik Nama Motor Update Tahun 2018 | Idot | 4.5