Yamaha Fino Vs Honda Scoopy, Mana yang Lebih Unggul?

Advertisements

Yamaha Fino Vs Honda Scoopy – Yamaha Fino dan Honda Scoopy tak jarang menjadi bahan perbincangan ketika membanding-bandingkan antara jenis motor yang satu dengan yang lainnya. Kedua motor skuter ini memiliki gaya retro yang banyak disukai karena gaya yang diusung membuat pengemudinya akan terlihat berbeda.

Dua skuter matic dari dua pabrikan yang berbeda ini memiliki banyak perbedaan. Yamaha Fino vs Honda Scoopy masing-masing membawa kelebihan yang membuat daya tarik konsumen untuk memiliki salah satu atau bahkan keduanya menjadi lebih besar.

Review Yamaha Fino vs Honda Scoopy

Yamaha Fino Vs Honda Scoopy

Perbandingan dari segi desain

Desain Yamaha Fino vs Honda Scoopy memiliki gaya retro namun keduanya memiliki kesan yang berbeda. Hal ini terlihat dari desain Honda Scoopy yang elegan dan retro dengan ciri khas pada bagian ban yang dibuat lebih besar dan lampu skuter matic ini memiliki desain yang lebih bulat. Headlight yang dimiliki berpadu dengan lampu utama dengan lampu bagian sein bagian samping yang terlihat unik. Headlight tersebut menggunakan teknologi LED Projector yang sangat bermanfaat ketika berkendara saat minim cahaya.

Berbeda dengan Yamaha Fino, skuter matic ini terkesan sangat elegan karena bentuk bodi yang terlihat membulat namun tetap ramping. Selain itu, desain Yamaha Fino semakin lengkap dengan adanya spion yang berbentuk bulat. Headlamp yang dimiliki Yamaha Fino memiliki teknologi LED dengan desain Diamond Cut Lens yang akan memberikan kesan mewah dengan kilauan seperti berlian. Lampu samping motor ini berbentuk daun dengan lampu sein vertikal dan bentuknya menyempit. Selain itu, Stoplamp Yamaha Fino memiliki keindahan yang berbeda karena memiliki warna merah delima.

Advertisements

Dimensi yang dimiliki Yamaha Fino vs Honda Scoopy terlihat sekali perbedaannya karena Yamaha Fino terlihat sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Scoopy. Yamaha Fino memiliki panjang 1.870 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.066 mm. Terlihat jelas jika Honda Scoopy memiliki dimensi yang lebih kecil karena panjangnya 1.856 mm, lebar 694 mm, dan tinggi 1.060 mm.

Baca Juga :  Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Tanpa Ribet

Perbandingan spesifikasi mesin

Kedua skuter matic ini memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Untuk Honda Scoopy yang memiliki teknologi eSP menghabiskan 1 liter untuk menempuh jarak 61,9 km. Sedangkan Yamaha Fino yang menggunakan teknologi Eco Indicator mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya lebih irit jika dibandingkan dengan model sebelumnya sebanyak 50%.

Jika Idotom ingin membandingkan performa Yamaha Fino vs Honda Scoopy, Idotom bisa melihat mesin yang digunakan oleh keduanya. Honda Scoopy dibekali dengan tipe mesin 4 langkah, SOHC yang lengkap dengan pendingin udara, dan eSP. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut adalah 8,7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi maksimal 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Sistem pembakaran motor ini menggunakan teknologi PGM-FI dan teknologi eSP yang membuatnya lebih hemat, ramah lingkungan, dan tentu saja lebih bertenaga.

Sama dengan Honda Scoopy, Yamaha Fino juga menggunakan mesin 4 langkah. Namun yang membuatnya berbeda adalah SOHC yang dilengkapi dengan pendingin udara Blue Core. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum 9,52 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Teknologi Blue Core pada motor ini akan membuat motor menjadi lebih irit.

Perbandingan ban dan suspensi

Selain mesin, suspensi Yamaha Fino vs Honda Scoopy juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Honda Scoopy memiliki velg dengan ukuran 12 inci dan ban depan yang dimiliki berukuran 100/90 – 12 59J serta ban belakangnya 110/90 – 12 64J. Untuk pengereman, Honda Scoopy menggunakan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal pada bagian depan dan bagian belakangnya menggunakan rem tromol.

Baca Juga :  Perbandingan Motor Yamaha R25 Vs Ninja 250 dari Segi Performa dan Harga

Honda Scoopy pada bagian suspensi depannya memakai teleskopik dan bagian belakangnya menggunakan suspensi lengan ayuh dengan peredam kejut tunggal. Untuk Yamaha Fino, suspensi bagian depan sama dengan Honda Scoopy yaitu menggunakan jenis teleskopik dan bagian belakangnya menggunakan sistem lengan ayun. Sementara untuk bagian kaki-kakinya, skuter ini menggunakan ban depan dengan ukuran 70/90 – 14M/C 34P dan ban belakang berukuran 80/90 – 14M/C 46P.

Advertisements

Itulah sedikit ulasan tentang Yamaha Fino vs Honda Scoopy. Semoga bermanfaat.

Advertisements
Yamaha Fino Vs Honda Scoopy, Mana yang Lebih Unggul? | Kukuh Hilmawan | 4.5